Gubernur Riau Akan Promosikan Benteng Tuanku Tambusai di Rohul ke Kancah Internasional

Gubernur Riau Berjanji Promosikan Benteng Tuanku Tambusai di Rohul ke Kancah Internasional

Rohul(SegmenNews.com)- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman berjanji akan mempromosikan peninggalan sejarah benteng Tuanku Tambusai, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu sebagai icon pariwisata tingkat nasional, hingga Internasional.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat membuka festival benteng Tuanku Tambusai di benteng 7 lapis dalu-dalu Kecamatan Tambusai, Minggu (11/12/16) malam.

Kegiatan tersebut kerjasama Dinas Pariwisata Riau bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu.

Kegiatan ini bertujuan selain menampilkan budaya daerah, juga sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan wisata bersejarah benteng tujuh lapis peninggalan pahlawan nasional Tuanku Tambusai, kepada masyarakat luas.

Kegiatan pembukaan dimeriahkan berbagai penampilan diantaranya, bukoba, atraksi silat massal, tari lungun tuanku tambusai, pembacaan puisi berjudul harimau padri dari rokan.

Gubernur arsyadjuliandi rachman memuji penampilan seni budaya pada acara festival benteng Tuanku Tambusai.

“Festival benteng Tuanku Tambusai ini sangat luar biasa, dengan seni dan budaya masih kental, dilakukan masyarakat. Untuk itu benteng Tuanku Tambusai ini akan dijadikan icon baru sektor pariwisata bersejarah dikabupaten Rokan Hulu, yang akan di promosikan di tingkat Nasional dan Internasional pada maret 2017 mendatang,” ujar Andi, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua LAM Riau juga menjabat ketua Himpunan Keluarga Rokan Hulu, Al-azhar berharap agar kegiatan ini menjadi event tahunan di benteng Tuanku Tambusai.

“Kegiatan festival benteng Tuanku Tambusai ini akan dilaksanakan menjadi event tahunan, untuk mengingat kan kepada masyarakat perjuangan tuanku tambusai dalam mempertahankan negerinya dan dia adalah pahlawan dalam masyarakat dalu-dalu,” tutupnya.***(Fitri)