Siputih Lumban Bulbul yang Mempesona Dari Tobasa

Keindahan pantai pasir putih di Tobasa

Toba Samosir(SegmenNews)- Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) salah satu wilayah tersohor di Indonesia termasuk Dunia. Pasalnya, Kabupaten ini memiliki beragam jenis wisata yang mempesona, seperti wisata alam,  budaya dan wisata religi. Yang mampu memanjakan serta memikat para wisatawan lokal maupun domestik saat berkunjung ke lokasi wisata.

Salah satu obyek wisata yang di kunjungi segmennews.com, pantai pasir putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige,  Kabupaten Tobasa,  Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pantai yang landai serta mengandalkan keindahan danau toba itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi pantai itu pun sangat dekat ke kota Balige.  Yang hanya berjarak 1,5 kilometer, luas tepian pantai diperkirakan mencapai 2 hektar dan panjang tepian sekitar 860 meter.

Di lokasi wisata itu dilengkapi berbagai fasilitas oleh Pemkab Tobasa. Diantaranya, lahan parkir,  taman bermain, jalan setapak, kamar mandi, galery shop dan panggung terbuka.

Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, warga sekitar pun tampak mulai menangkap peluang ekonomi dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung, seperti pondok atau tenda tempat peristirahatan.

Bahkan warga turut menyediakan rumahnya sebagai tempat home stay bagi pengunjung yang bermalam.

Kepada SegmenNews, Rabu (11/1/2017) salah seorang pemilik warung, Simangunsong menuturkan, bahwa wisata pantai pasir putih si Bulbul merupakan lokasi wisata yang mempesona bagi wisatawan. “lokasi di sini sangat sejuk. Dan tidak jauh dari kota Balige,” terang Simangunsong.

Awak media menyaksikan langsung keindahan pesona pasir putih di Tobasa

Meski suhu udara cukup dingin lokasi pantai,  pria yang di panggil Pak Regina ini menjelaskan,  tersohornya pantai pasir putih si Bulbul sejak tiga tahun terakhir (mulai tahun 2015 sampai 2017 red).

“Sebenarnya pantai pasir putih ini sudah dibuka sejak tahun 2013, dimana yang membuka warung waktu itu bari tiga orang,  salah satunya saya. Tetapi, memasuki tahun 2015 sampi sekarang lokasi pantai si bulbul semakin terkenal hingga diminati oleh para wisatawan lokal dan domestik. Dan itu berkat dari perjuangan masyarakat bersama pemkab untuk mengembangkan wisata di Tobasa ini. Bahkan, lanjutnya, saat ini sudah ada 40 warga yang membuka lapak di lokasi pantai pasir putih si bulbul,” terangya.

Dijelaskannya lagi,  pantai pasir putih si bulbul saat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan,  khususnya di hari libur.

“Kalau hari libur tempat ini cukup padat pengunjung. Dan ini sangat berdampak positif bagi ekonomi kita. Dan mudah-mudahan pantai pasir putih si bulbul ini semakin diminati oleh para wisatawan,” harapnya.

Ditambahkan simangunsong, saat ini yang menjadi kendala bagi pengunjung adalah kondisi infrastruktur jalan menuju ke lokasi wisata. Dimana saat ini kondisi jalan masih sempit,  sehingga membuat pengunjung sedikit kewalahan.

“Kalau kondisi kerusakan jalan memang tidak terlalu parah,  hanya masalahnya jalan sangat sempit, yang mengakibatkan para pengemudi harus berhati-hati kalau menuju ke lokasi pantai. Untuk itu,  lanjutnya,  dengan kondisi infrastruktur jalan yang kurang bagus,  diharapkan Pemkab Tobasa bisa secepatnya memperbaiki atau menambah luas badan jalan menuju ke lokasi,  agar pengunjung tidak kecewa, ” ujarnya penuh harap.***

Liputan: Ber Siahaan
Red: Hasran