Akhirnya Pekanbaru Miliki RSD Madani, Walikota Firdaus Berharap Jadi Green Hospital

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Setelah sekian lama Kota Pekanbaru tidak memiliki Rumah Sakit Daerah. Akhirnya dibawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT. Kini Rumah Sakit Daerah Kota Pekanbaru telah berdiri dan siap melayani masyarakat kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menggunting pita peresmian RSD Madani Kota Pekanbaru

RSD Madani Kota Pekanbaru Jalan Garuda Sakti diresmikan Wako Firdaus, Jumat (26/01/2018) lalu. Dengan dibangunnya rumah sakit ini, Firdaus berharap nantinya menjadi rumah sakit yang ramahramah  lingkungan, atau green hospital.

RSD Madani ini diharapkan ramah secara lingkungan dan ramah secara pelayanan dan fasilitas. Walikota Fordaus, pernah melaporkan konsep Green Hospital kepada Menteri Kesehatan RI pada tahun 2013.

Menteri Kesehatan RI saat itu sangat mengapresiasi langkah Walikota Firdaus dalam mengembangkan konsep Green Hospital. Firdaus bahkan mengatakan, bahwa Menteri kesehatan meminta dibuatkan prototype dan dijadikan model ke daerah lainnya. 

“Menteri Kesehatan mengatakan, konsep Green Hospital bukan saja bangunannya, tapi juga manajemen dan pelayanan. Apa yang Menkes sarankan, kita realisasikan sekarang ini,” kata Firdaus.

Firdaus juga menyatakan, untuk awal ini, RS Madani ini akan digratiskan dalam pengobatannya, walau memang belum dapat meng-cover semua pelayanan kesehatan.

Dikatakan, RSD Madani adalah rumah sakit pertama yang dibangun Pemerintah Kota Pekanbaru. Rumah sakit ini adalah harapan masyarakat Pekanbaru sejak lama.

RSD Madani terletak kawasan pinggir kota yang padat penduduk, tepatnya di Jalan Garuda Sakti Panam, Pekanbaru.

Ini adalah kawasan yang sangat berkembang. Pusat pertumbuhan masyarakat. Puluhan perumahan tumbuh subur di sini. Belum lagi perumahan di daerah tetangga, seperti Kecamatan Tambang dan Tapung.Saat ini, di sekitar wilayah ini tidak ada rumah sakit pemerintah.

Kalau harus berobat, masyarakat harus ke pusat kota atau ke rumah sakit
swasta. Fasilitas kesehatan ini merupakan buah tangan Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

Di awal masa kepemimpinannya, Sang Wako memang sudah berazam besar untuk membangun rumah sakit untuk warganya.

Tuntutan masyarakat Pekanbaru, terkhusus yang tinggal di Panam dan Payung Sekaki, fasilitas kesehatan memang sangat minim di sini. Mereka bahkan sudah menanti sejak puluhan tahun.

Tidak perlu waktu lama bagi Wako Firdaus untuk membangun rumah sakit. Di tengah badai pengurangan anggaran di pemerintahan, Firdaus tetap mampu
menyelesaikan pembangunan rumah sakit ini tepat waktu.

Bahkan sebenarnya, rumah sakit ini sudah bisa diselesaikan pada akhir
jabatannya pada periode pertama.

Namun peresmian penggunaannya atau soft launching, baru dilakukan pada akhir Januari 2018, yaitu enam bulan setelah dia dilantik pada periode kedua.

Rumah sakit ini dibangun melalui anggaran proyek multiyears, yang didanai pada tiga tahun anggaran. Tahun pertama, yakni tahun 2014, pembangunan menghabiskan dana sebesar Rp6,3 miliar, di tahun kedua 2015, dana yang dikucurkan sebesar Rp41,4 miliar.

Untuk tahun ketiga, menghabiskan dana Rp42,3 miliar. Total dipagu anggaran sebesar Rp90 miliar. Nilai kontraknya Rp80,9 miliar.

Layanan Gratis di RSD Madani

Setelah dilakukan soft opening, Pemko akan langsung membuka pelayanan. Setidaknya ada 13 pelayanan kesehatan yang bisa dilakukan rumah sakit ini.

Di antaranya poli gigi, poli umum, poli spesialis anak, kandungan, paru-paru, THT, urologi, jantung, kulit, IGD, laboratorium serta bedah palsik dan akupuntur.***(adv/hms/hen)