BP Jasmsotek Rohul Bayarkan Klaim JKM ke Keluarga Almarhumn Kades Maisar Rp42 Juta

BP Jasmsotek Rohul Bayarkan Klaim JKM ke Keluarga Almarhumn Kades Maisar Rp42 Juta

Rohul(SegmenNews.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Jamsostek (BP Jamsostek) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Rokan Hulu (Rohul), bayarkan klaim Jaminan Kematian (JKM) ke keluarga almarhum mantan Kades Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Maisar.

Klaim JKM Rp42 juta diserahkan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul Margono, kepada adik almarhum Febri Leven mewakili keluarga, didampingi Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Rohul Ridwan Lubis, disaksikan Sekdes Pematang Berangan Majrizal, Kamis (14/10/2020) di kantor Desa Pematang Berangan.

Menyikapi adanya perhatian BP Jamsostek Ketenagakerjaan terhadap almarhum Kades Maisar, Margono menghimbau, seluruh desa di Rohul bisa ikut jadi peserta Jamsostek Ketenagakerjaan karena manfaatnya cukup besar dan sudah terbukti.

Diakui Margono, dari 139 yang tersebar di Rohul, sudah sekitar 56 desa baik kades dan perangkatnya yang menjadi peserta Jamsostek Ketenagakerjaan.

“Kita harapkan, desa desa di Rohul bisa menjadi peserta Jamsostek ketenagakerjaan Karena manfaatnya cukup besar dan sudah terbukti.

” Untuk menjadi peserta Jamsostek Ketenagakerjaan, bisa secara mandiri juga bisa dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD)” kata Margono.

Margono mengakui, pihaknya sudah menyurati seluruh desa agar Kades dan perangkatnya bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerajaan (Jamsostek) maupun BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga dirinya menargetkan, 139 desa di Rohul Kades dan perangkat desanya sudah jadi peserta Jamsostek Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Dengan masuknya perangkat-perangkat desa ke Jamsostek ketenagakerjaan, kedepannya kita tidak mengetahui kapan meninggal dunia dan kecelakaan. Namun dengan sudah jadi peserta maka dapat meringankan keluarganya yang ditinggalkan dan tidak menjadi beban bagi keluarga,” ucap Margono.

Kepala BP Jamsostek Cabang Rohul Ridwan Lubis ucapkan duka cita atas meninggal dunianya Kades Maisar. Diakuinya, almarhum Maisar merupakan peserta Jamsostek aktif sejak tahun 2017. Almarhumcontoh bagi masyarakat Rohul, dan beliau sangat memperhatikan terkait Jamsostek.

“Saya dan almarhum diawal tahun sudah berencana menjadikan Desa Pematang Berangan sebagai  desa sadar Jamsostek. Namun karena adanya pandemi COVID 19 rencana itu tertunda,” ucap Ridwan.

Ridwan juga memaparkan, selama Januari hingga September 2002 BP Jamsotek Ketenagakerjaan Kantor Cabang Rohul sudah bayarkan klaim 4 program Jamsostek dengan total Rp17.801.598.707 dari 1821 jumlah kasus. Pembayaran klaim terdiri dari  program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) 16 kasus jumlah klaim Rp18.454.977, lalu Jaminan Kematian (JKM) 16 kasus jumlah klaim Rp582 juta.

“Kemudian, Jaminan Hari Tua (JHT) 1435 kasus dan jumlah klaim Rp16.826.148.235 lalu Jaminan Pensiun (JP) 354 kasus total klaim Rp374.995.295. Karena dengan iuran Rp16.200 per bulan masyarakat sudah terlindungi diri mereka, baik kecelakaan, kematian. Saat ini di Rohul sudah ada 14.600 peserta Jamsostek Ketenagaan kerja itu yang penerima upah sementara, dan bukan penerima upah sekitar 4.600. Sehingga sekitar 21.000 peserta Jamsostek Ketenagakerjaan di Rohul saat ini,” jelas Ridwan Lubis.

Sekdes Pematang Berangan Majrizal, sangat berterima kasih karena perhatian dan bayarkan klaim Jamsostek kepada keluarga Aalmarhum. Di Desa Pematang Berangan saat ini sudah hampir seluruh petangkat desa yang jadi peserta Jamsosktek, walaupun seperti Kadus belum namun kedepannya akan dimasukan. Juga menghimbau masyarakat Pematang Berangan agar jadi peserta Jamsostek, kerena sangat bermanfaat.

 

Febri Leven adik almarhum Maisar, juga sangat berterima kasih kepada BP Jamsostek ketenagaakerjaan Rohul, dan bersyukur dengan adanya dana jaminan klaim Jamsostek bisa meringankan beban keluarga Almarhum. Dirinya berpesan ke masyarakat, agar bisa mengerti dsn memahami pentingnya Jamsostek Ketenagakerjaan.

“Berharap, klaim yang diserahkan akan disampaikan ke istri almaralhum, dan nantinya dapat dimanfaatkan. Juga berterima kasih ke Kepala DMPD Rohul yang sudah menyerahkan langsung klaim Jamsostek bersama Kepala BP Jamsosktek Kenetenagakerjaan kantor cabang Rohul,” sebut Leven usai menerima simvolis klaim JKM. Sedangkan dana Rp42 juta nantinta ditransfer langsung nelalui rekening bank. (pr/fit)