H. Azwar Tinjau Peternak Sapi dan Itik

H. Azwar, Wakil Ketua DPRD Siak
H. Azwar, Wakil Ketua DPRD Siak

Wakil Ketua DPRD Siak, H. Azwar, meninjau para peternak sapi dan itik di sejumlah desa di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Para peternak yang ditinjau merupakan penerima bantuan ternak dari Pemkab Siak di tahun 2012 lalu.

Azwar mengungkapkan di tahun 2012, Pemkab Siak menyerahkan bantuan ternak sapi di Kecamatan Kandis melalui Kelompok Tani (KT) yang ada. Sedangkan bantuan itik diberikan pada tahun 2013 ke sejumlah peternak.

Menurutnya, dari peninjauan yang dilakukan, bahwa ternak-ternak sapi bantuan tersebut, secara umum berkembang dengan baik. Hanya terdapat 1 ekor sapi bantuan yang mati.

Dalam kesempatan itu, ia menegaskan bahwa jika masih ada kelompok tani atau peternak yang ingin mendapatkan bantuan hendaknya segera mengajukan permohonan sehingga dapat diteruskan ke Dinas Peternakan untuk direalisasikan di tahun 2014 mendatang.

Ia menilai, pengembangan ternak sapi di wilayah Kabupaten Siak termasuk cukup baik mengingat luasnya area perkebunan yang dapat dijadikan sentra pengembangan karena ketersediaan bahan pakan ternak. Apalagi, peternak itu juga memiliki lahan perkebunan sawit sehingga tinggal lagi membuat pagar kawat berduri sebagai kandangnya.