Wah, JCH Rohul Didominasi Tamat SD, IRT dan Petani

Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

ROKAN HULU (SegmenNews.com) – Berdasarkan data para JCH yang termuat dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag Rohul, bahwa secara pendidikan hanya didominasi tamatan SD, pekerjaan Ibu Rumah Tangga (IRT), Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Petani.

Rincian JCH Rohul adalah tamatan SD sebanyak 102 orang, tamat SMP 35 orang, tamat SMA 60 orang. Sedangkan dari sisi pekerjaan, IRT menempati urutan terbanyak 88 orang; PNS 52 orang, Swasta 48 orang, Petani 40 orang, karyawan BUMN/BUMD 8 orang; TNI/Polri 4 orang, Pedagang 3 orang, dan pensiunan 2 orang. Sementara tamatan D1/D2/D3 hanya 12 orang, S1 38 orang dan S2 hanya 1 orang.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Selasa (26/8/2014). Katanya, para JCH Rohul ini perlu mendapatkan perhatian secara khusus oleh Ketua Kloter dan Pembimbing ibadah, serta Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu) nya.

Hal inipun dirasa masih perlu ditambah, makanya Pemkab Rohul mengutus Petugas Daerah (TPHD) secara khusus, yakni Camat Tandun an Irwandi SSos MSi, jelas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi berharap agar para petugas ini, khususnya Ketua Kloter atau yang disebut dengan TPHI dan Pembimbing Ibadah (TPIHI) serta TPHD, dapat bekerja dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan prosedur tetap (Protap) yang telah ditetapkan, dengan mengutamakan kepentingan para JCH terlebih dahulu, baru mementingkan kepentingan dirinya sendiri.

Perlu diketahui bahwa mereka ini, pada dasarnya adalah petugas dengan pekerjaan membantu para JCH melaksanakan ibadah haji. Hanya saja, karena mereka mengurus orang yang akan melaksanakan ibadah haji, maka merekapun secara otomotasi dapat melaksamakan ibadah haji, disela-sela tugasnya mengurus orang lain.

Lanjutnya, 247 Jemaah Calon Haji (JCH) Rokan Hulu (Rohul) yang tergabung di Kloter 5 bersama JCH Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru, pada 4 September 2014 dari Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian ke Embarkasi Batam, dan dilanjutkan pada 5 September 2014 menuju Arab Saudi.***(rls/ran)