Pemkab Rohul Siapkan Wisata Ternak Kerbau

kerbauRokan Hulu (SegmenNews.com)- Pemkab Rokan Hulu merencanakan kawasan tempat jalangan peternakan kerbau di Dusun Sungai Pinang Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba, dijadikan kawasan objek wisata ternak kerbau.

Diakui Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rohul, Marjoko didampingi Sekrertaris, Indra Juni Putra SP, Rabu (29/10/2014) mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi peternakan kerbau bersama Bupati Rohul Achmad baru-baru ini.

“Bupati, sangat merespon, bahkan dirinya antusias ingin menjadikan kawasan itu sebagai wisata ternak kerbau. Rencana itu dikatakan kepada kita beberapa waktu lalu,” terang Marjoko.

Diakui Marjoko, bahwa di kawasan hamparan padang rumput yang hijau ditambah dukungan alam yang subur, jalangan yang berada di kawasan Dusun Sungai Pinang, termasuk meluas ke Desa Tanjung Belit dan desa lainnya.

“Di daerah jalangan itu, ada 5 kelompok peternak kerbau. Dimana setiap kelompok memiliki populasi 200 an ekor bahkan ada yang lebih. Sehingga, di kawasan itu ada sekitar 1000 ekor populasi kerbau, yang status tanah di daerah itu adapt atau ulayat. Keberadaan peternak kerbau, sudah ada sejak jaman nenek moyang,” ungkap Marjoko.

Sementara itu, Sekretaris Disnakan Rohul Indra Juni Putra, hamparan kawasan padang rumput yang ada, per kelompoknya sekitar 20 hektar. Dimana setelah melihat langsung ke kawasan sentra ternak kerbau di Sungai Pinang dulu, Bupati ingin kembangkan kawasan itu jadi objek wisata ternak.

“Jelasnya, hamparan kawasan jalangan bagaikan di padang Bolak Sumatera Utara. Dengan hamparan rumput hijau, ternak di sana sehat-sehat. Sehingga Bupati sangat tertarik mengembangkan kawasan itu jadi objek wisata sentra ternak kerbau,” jelas Indra.

“Para peternak yang ada, juga binaan kita berharap ini nantinya bisa terwujud jadi kawasan objek wisata ternak. Apalagi, kawasan itu jadi sentra peternakan kerbau dalam memenuhi kebutuhan akan daging di Rohul,” tandas Indra.***(adv/hum)