Bupati Rohil akan Undang Menteri Pertanian

ilustrasi
ilustrasi

Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Kabupaten Rokan Hilir merupakan daerah penghasil tanaman kedelai peringkat pertama di Riau, rencananya akan mengundang Menteri Pertanian, Amran Sulaiman untuk meninjau secara langsung daerah yang potensial untuk pengembangan/budi daya tanaman pangan seperti kacang kedelai di Rokan Hilir.

Harapan itu disampaikan Bupati Rokan Hilir, Suyatno, A.Mp ketika memberikan sambutan pada acara konsolidasi pelaksana UPSU Padi, Jagung, dan Kedelai di Kantor Bupati Rokan Hilir, Lt 4, Rabu (18/02/2015) di Bagansiapiapi.

Acara yang dihadiri perwakilan Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Riau ini, membahas potensi tanaman kedelai yang merupakan kebutuhan mendasar masyarakat dan serta antisipasi yang perlu dilakukan pemerintah agar masyarakat petani tidak melakukan alih fungsi lahan yang akan mengakibatkan jumlah produksi kedelai akan menurun.

Melalui paparannya, Suyatno menyebutkan, luas lahan tanaman kedelai di Rokan Hilir mencapai 1350 Hektar. Bahkan dari jumlah itu direncanakan akan bertambah seiring meningkatnya harga kedelai dipasaran nasional.

Agar produksi kedelai bertahan, Suyatno meminta kepada camat dan penghulu se Kabupaten Rokan Hilir agar memberikan perhatian dan menyadarkan para petani agar tidak mengalihfungsikan tanaman kedelai dengan tanaman lain karena akan berujung pada penurunan produksi kedelai.

Pada bulan Maret nanti, kata Suyatno, petani kedelai akan bercocok tanam. Pada saat itu, kita akan mengundang menteri pertanian untuk melihat secara langsung. Semoga dengan turunnya mentri akan berdampak langsung terhadap penambahan anggaran sesuai program yang dicanangkan swasembada kedelai hingga tahun 2017.***(adv/hms)