Pemda Agendakan Berikan Kapal Cepat Pada TNI AL

suyatno2Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memberikan bantuan kapal cepat kepada pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu dilakukan guna memperkuat keamanan perairan Rohil dan selat melaka secara meluas.

“Kita telah mempersiapkan kapal cepat untuk diberikan kepada TNI AL, penyerahan dilakukan dalam waktu dekat ini, “kata Bupati Rohil H Suyatno melalui kabag perlengkapan Rohil, Jasmudin, Sabtu (18/4).

Lanjutnya, bantuan kapal motor cepat jenis sporty bermesin tempel merk Yamaha dengan kekuatan 400 hp dengan kecepatan 45 mil/jam, atau setara dengan 45km/jam. Dengan dilakukan uji kelayakan nantinya sebelum dilakukan penyerahan langsung kepada pihak penerima.

Katanya, model dan body kapal cepat Hotts Power ini diperkirakan menelan biaya sekitar 1,3 miliar, kapal ini dilengkapi dengan satelitmodel Garmin, kapasitas
mengangkut 10 orang personil.

Terangnya, sudah selayaknya kapal motor cepat ini ditempatkan di wilayah perairan di seluruh kabupaten di Provinsi Riau, guna pengamanan wilayah perairan di Selat Malaka,untuk melakukan pencegahan kejahatan di seputaran wilayah perairan Selat Malaka, guna membantu tugas pokok TNI-AL demi menjaga kedaulatan NKRI diwilayah
perairan.

Kapal standar patroli dirancang khusus diperairan yang biasa digunakan oleh TNI-AL ini rencananya akan melakukan patroli diwilayah perairan Rohil, akan digunakan untuk upaya pencegahan dari kejahatan, seperti ilegal fising, penyeludupan barang barang seludupan dan dari kejahatan lain.***(adv/hms)