Pemkab Rohil Terus Tingkatkan Swasembeda Daging

ilustrasi
ilustrasi

Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus mengupayakan peningkatan Swasembada Daging. Upaya tersebut berhasil. Hal ini dibuktikan dengan tercukupinya permintaan daging masyarakat selama ini.

Melalui tata kelola Swasembada Daging yang canangkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Rohil, kebutuhan daging sudah tidak diragukan lagi di Rohil. Malahan, kebutuhan daging pada perayaan hari besar di tahun 2015 bisa dikatakan bakal tanpa pasokan daging dari luar daerah.

Demikian disampaikan Bupati Rohil, Suyatno kepada wartawan. Dikatakanya, kebutuhan daging di Rohil terutama di hari-hari besar cukup tinggi, sementara stok daging yang ada sebelumnya sangat terbatas. Apalagi, daging potong yang dijual hampir di datangkan dari luar daerah, seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

“Melalui Distanak, Pemkab Rohil di tahun 2015 memprogramkan bantuan bagi peternak Sapi sebanyak 1.200 ekor, Kambing 2.000 ekor, dan termasuk ternak Puyuh, Ayam, serta bantuan lainnya. Inilah cara kita menjadikan Rohil sebagai wilayah Swasembada Daging,” kata Suyatno, baru-baruini di Bagansiapiapi.

Menurut Suyatno, berbagai bantuan bagi kelompok ternak adalah upaya pemerintah daerah meningkatkan Swasembada Daging. “Sehingga, saat menyambut hari-hari besar keagaman, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru, dan lainnya, pasokan daging bagi masyarakat tercukupi dan tidak perlu lagi mendatangkan dari luar daerah,” jelas Suyatno.

Diungkapkan Suyatno, pembagian bantuan Sapi, Kambing, dan lainnya yang disalurkan pemerintah daerah melalui Distanak Rohil kepada kelompok ternak terlebih dahulu diseleksi.

“Bukan hanya melakukan penyeleksian kelompok peternak calon penerima bantuan saja, kita juga memberikan pembekalan ilmu peternakan kepada mereka. Dengan begitu, bantuan ternak benar-benar bermanfaat dan berkembang biak dengan baik. Sehingga, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya,” ujar Suyatno.***(adv/hms)