Kabut Asap Muncul, Tera ISPU di Siak tak Berfungsi

Kabupaten Siak mulai di selimuti kabut asap
Kabupaten Siak mulai di selimuti kabut asap

Siak(SegmenNews.com)– Beberapa hari belakangan Kabupaten Siak sudah dikelilingi kabut asap yang cukup tebal. Namun sejauh ini belum diketahui sejauh mana kualitas udara di Siak. Sebab alat Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang di buata BLH Provinsi Riau di Siak tidak berfungsi.

Dari pantauan walaupun kabut asap sudah menebal, namun aktivitas sekolah masih berlangsung seperti biasa. Jika alat ISPU berfungsi tentunya masyarakat akan mengetahui tingkat berbahayanya akibat pencemaran udara.

Dikatakan Bupati Syamsuar, Selasa (25/8/15), terkait alat ISPU yang rusak, pihaknya akan mendesak BLH Provinsi Riau segera memfungsikannya secepatnya. “Lagi didesak BLH Provinsi untuk memfungsikan karena Provinsi yang punya alat rusak,” sampai Bupati.

Disamping itu, soal kabut asap, Bupati menuturkan bahwa kabut asap bukan berasal dari Siak, melainkan asap kiriman dari daerah lain. Dan untuk mengatasi tingkat pertamanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak siap membagikan masker dan menyalurkan obat-obatan apabila ada yang terkena sakit pernafasan.***(rinto)