Kacab BI Riau: Keterlibatan Pengusaha Bantu Perekonomian

Kacab BI Riau: Keterlibatan Pengusaha Bantu Perekonomian
Kacab BI Riau: Keterlibatan Pengusaha Bantu Perekonomian

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Bank Indonesia (BI) meminta para pengusaha di Riau untuk tetap optimis mampu mengatasi persoalan perusahaan yang dihadapi saat ini, terutama disebabkan gejolak melemahnya rupiah terdahap dolar.

Kepala Cabang BI Wilayah Riau, Ismet Inono megatakan, situasi seperti ini tidak bisa hanya diandalkan BI dan pemerintah saja. “Tapi kami juga butuh bantuan dari semua pihak, termasuk dunia usaha di Riau,” katanya, Kamis (27/08/2015).

Dia menambahkan, sejauh ini BI optimis keterlibatan pengusaha di Riau bisa membantu memperbaiki kondisi perekonomian. Sementara ini BI dan pemerintah masih tetap yakin perekonomian Riau akan membaik menjelang akhir tahun.

“Sama juga, kalau situasi diprediksi sampai kapan, tergantung para pengusaha. Bagaimana kita bisa sama-sama berupaya untuk menjaga kondisi ini.

Sebelumnya, memang tidak sedikit pengusaha di Riau mengeluhkan situasi tingginya pergerakan dolar terhadap rupiah. Para pengusaha kesulitan memprediksi dan mengkalkulasikan keuangan. Ketua Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno mengaku hampir setiap pengusaha mengeluhkan kondisi yang sama di perusahan mereka.

Bahkan, terang-terangan dia menegaskan bahwa perusahaan bisa saja melakukan efisienasi. Maka kemungkinan terjadinya pemutusan hubungan kerja atau PHK bisa saja terjadi.***(btp/rn)