Helikopter Dikerahkan Padamkan Api di Tiga Kabupaten di Riau

Helikopter Dikerahkan Padamkan Api di Tiga Kabupaten di Riau (net)
Helikopter Dikerahkan Padamkan Api di Tiga Kabupaten di Riau
(net)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Titik api di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir, kembali meningkat hari ini, Senin (31/8/2015). Guna memadamkan dari udara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau (BPBD) menerbangkan tiga unit helikopter.

“Heli Sikorsky, Kamov, dan MI 171 sudah kita terbangkan untuk pemadaman api di kabupaten yang terjadi kebakaran lahan,” kata kepala BPBD Riau, Edward Sanger kepada wartawan.

Dikatakan Edward, pemadaman titik api dengan teknik water bombing atau bom air difokuskan di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir. Sebab ketiga daerah itu menjadi lokasi terluas kebakaran lahan di Riau.

“Selain melalui udara, tim pemadam kebakaran lahan juga melakukan upaya melalui jalur darat,” ujar Edward.

Adapun jumlah titik api terpantau hari ini yaitu di Kabupaten Indragiri Hilir terpantau 64 lokasi, Kabupaten Indragiri Hulu terpantau 22 tempat, serta Kabupaten Pelalawan ada 18 titik api.

“Upaya pemadaman di kabupaten Indragiri Hilir saat ini masih dengan jalur darat. Nanti jika dibutuhkan kita juga akan kirim heli ke sana,” tambah Edward.

Edward mengakui, khusus Kabupaten Pelalawan menjadi perhatian khusus BPBD Riau karena berdekatan langsung dengan pusat pemerintahan, yakni Kota Pekanbaru. “Dikhawatirkan dapat mengganggu banyak aspek salah satunya penerbangan,” tutup Edward.***(Mdc)