Cuaca Ekstrim, Bupati Rohil Turun Langsung Bagikan Masker ke Masyarakat

Cuaca Ekstrim, Bupati Rohil Turun Langsung Bagikan Masker ke Masyarakat
Cuaca Ekstrim, Bupati Rohil Turun Langsung Bagikan Masker ke Masyarakat

Rokan Hilir(SegmenNews.com)- Rokan Hillir sekarang ini dikepung asap yang belum begitu tebal. Asap yang melandai daerah Rohil ini bukan berasal dari Karhutla yang terjadi di Rohil, melainkan dari asap kiriman dari daerah luar.

“Hari ini kita membagikan masker kepada masyarakat khusunya di Kota Bagansiapiapi. Ini gerakan pertama kita. Kenapa ini kita lakukan, dua tiga hari ini kan kabut asap melanda Kota Bagansiapiapi, tapi itu bukan berasal dari kebakaran hutan yang melanda di Rohil. Kabut asap ini hasil kiriman dari daerah luar semua, makanya kita antisipasi agar terhindar dari penyakit-penyakit akan sekarang ini istilah penyakit ISPA, khusus untuk anak-anak kita para siswa-siswa aktifitas terus masih normal, karena jarak pandang masih terjangkau,” kata Bupati Suyatno Amp, Rabu (2/9/2015).

Terang Bupati, memang ada dua titik api di daerah Semunai dan daerah Bangko Pusako. Tapi asap yang melanda Rohil hari ini bukan asap yang berasal dari Rohil sendiri. Tapi kiriman dari luar seperti Jambi dan lain-lainnya.

Kondisi sekarang ini, memang belum mendapat laporan yang jelas. Tim sudah berada di TKP bersama masyarakat. Harapan Bupati kepada masyarakat pemilik kebun agar jangan melakukan pembakaran, apalagi cuaca saat ini sangat ekstrim.

“Jangan membakar lahan lagi, sangat membahayakan kita bersama, di Kabupaten Siak itu anak-anak sekolah telah diliburkan. Kita Alhamdulilah cuaca dan udara masih bersahabat dengan Rohil,” terang Bupati.

Sementara itu Kepala Badan BPBD Rohil Azhar MSi mengatakan, Alhamduilah pembagian masker tadi dihadiri Bupati Rohil, Plt Sekda, dan Kepala Dinas Kesehatan Rohil. “Inikan wujud kepedulian kita kami sebagai BPBD terasa bertanggung jawab, karena belakangan ini kita dilanda asap kiriman dari daerah luar,” kata Azhar.

Dalam minggu ini, hasil pemantauan hotspot minim sekali. Bila ada asap itu dari daearah lain yang mengalami Karhutla.

“Alhamdulilah stock untuk pembagian masker masih cukup, dan kita juga telah meminta kepada BPBD Provinsi Riau agar dikirim lebih banyak lagi maskernya di Rohil. Pembagian masker ini juga tidak hanya masyarakat bahkan anak-anak sekolah juga kita bagikan. Kurang lebih 1.500 masker telah kita bagikan kepada masyarakat dan anak-anak sekolah. Dan saran Bupati kalau bisa masker ini jagan pakai ikat, kalau bisa praktis yang ada karet,” bebernya.

Dengan ada pembaian masker ini tentu kita peduli dengan keselamatan masyarakat Rohil, agar menjadi perhatian provinsi maupun pusat, yang utama kita mengatisipasi Karhutla ini. Yang tidak kalah pentingannya, telah selesai Karhutla tentu ada lagi bencana lain, yakni banjir.

“Kita ketahui daerah Rohil daerah sekitar sering terjadi banjir, kalau telah kejadian nanti kita minta persiapan kita sudah ada, dalam waktu dekat ini Pemda Rohil telah anggarkan untuk kita dua mobil dan mungkin di APBD P selesai nanti dan bisa kita pergunakan dengan pegawai kita dan Satgas-satgas kita,” pungkasnya.***(adv/hms/andi)