Riau Laporkan Data Karhutla Perhari ke Pusat

Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyalami Plt Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandirahman MBA pada acara Rakor Penanganan asap akibat kebakaran lahan dan hutan Provinsi Riau di Gedung Daerah
Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyalami Plt Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandirahman MBA pada acara Rakor Penanganan asap akibat kebakaran lahan dan hutan Provinsi Riau di Gedung Daerah

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi menghadiri rapat koordinasi penanganan asap akibat kebakaran lahan dan hutan tahun 2015 Provinsi Riau bertempat di gedung daerah ruang balai serindit tadi pagi.

Dalam rapat tersebut Plt Gubri berharap agar disetiap desa harus ditingkat kan terhadap pembinaan dan pelatihan guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi.

Rapat yg dipimpin langsung Plt Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandirahman MBA dan di hadiri juga oleh wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi serta Bupati dan Walikota se Provinsi Riau bertujuan untuk menangani masalah penanganan asap dan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu khusus nya di Provinsi Riau.

Arsyadjuliandirahman juga menuturkan akan menyampaikan data perhari karhutla di Riau serta hasil rakor yg dipimpin oleh panglima Polhukam pada beberapa waktu yang lalu.

Gubri juga menyampaikan jumlah titik api untuk tahun 2015 jauh berkurang, untuk itu hotspot di Provinsi Riau berhasil ditekan, beliau juga mengatakan asap yang berada di Povinsi Riau saat ini juga merupakan kiriman dari asap kebakaran hutan dan lahan yang ada di Jambi dan dari Sumatra Selatan (Sumsel).

Beliau juga menyampaikan akan memberikan hasil langkah langkah apa saja ke pada bupati walikota se Riau sehingga bagi yang terlibat terhadap pembakaran hutan dan lahan akan segera di tindak lanjuti sesuai dengan peraturan perundang undangan yg berlaku di negara ini. Untuk itu Riau telah menetapkan tanggap darurat dari 5 hari yang lalu dengan kondisi asap yang kian semakin berbahaya bagi kesehatan.

Beliau juga berharap agar disetiap desa harus ditingkat kan terhadap pembinaan dan pelatihan guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi. Sehingga apa bila terjadi kebakaran hutan dan lahan bis di tanggapi dengan cepat.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Kapolda Riau, Polda berkomitment terhadap penegakan hukum kepada siapa saja yang melanggar terhadap pembakaran hutan dan lahan sehingga semua yang terlibat akan diperiksa. Kapolda berharap kepada masyarakat agar selalu memberikan dukungan sehingga semua penyidikan bagi yang terlibat akan segera di tindak lanjuti. “Ini lah upaya kerja sama yang harus dijalin demi mengupayakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan seperti sekarang ini,” ujarnya.***(rinto)