Forikan Siak Demo Masak Ikan di Tualang

Pengurus Forikan Siai dan Bhayangkari Polsek Tualang foto bersama
Pengurus Forikan Siak dan Bhayangkari Polsek Tualang foto bersama

Siak(SegmenNews.com)- Untuk meningkatkan minat masyarakat gemar makan ikan forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) Kabupaten Siak yang dipimpin oleh Hj. Rasidah Alfedri menggelar Pelatihan Pembuatan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak-anak dan balita. Kerjasama Forikan Kabupaten Siak dengan PT Bumi Siak Pusako, acara tersebut di gedung serbaguna kecamatan Tualang Sabtu (19/09/15).

Tak bosan-bosannya Ketua Forikan Kabupaten Siak Hj Rasidah Alfedri mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan. Dihadapan ibu-ibu ia menjelaskan betapa pentingnya makan ikan terutama untuk ibu hamil dan anak-anak. Kandungan yang terdapat pada ikan tersebut dapat Meningkatkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi, ujarnya.

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak Anda. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa, kata Rasidah Alfedri.

Lebih lanjut Ia mengatakan, suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak, lanjutnya.

Omega 3 dalam ikan telah terbukti membantu mencegah tiga jenis kanker yang paling umum, yakni kanker payudara, kolon, dan prostat, jelasnya.

Salah satu kecamatan yang mewakil kabupaten Siak adalah kecamatan Tualang. Sehingga membawa kabupaten Siak ini berhasil menjuarai lomba mengolah masakan berbahan dasar ikan pada tingkat provinsi Riau.

Pada tanggal 11 November mendatang kabupaten Siak mewakili Provinsi Riau mengikuti lomba di tingkat nasional, kata Rasida.
Biasanya anak anak kita jenuh dan tidak suka makan ikan, karena cara masak atau mengolahnya biasa-biasa saja. Pada pelatihan ini kita diajari cara mengolah dan menghias makanan tersebut agar anak-anak tertarik pada makanan tersebut.

Dengan adanya pelatihan atau demo masak ini kita dapat membuat atau mengolah makanan berbahan dasar ikan tersebut dengan kreasi yang baik, agar makanan tersebut menjadi lebih menarik, pungkasnya.

Chef dari Pekanbaru Erdina pada saat demo masak tersebut mengatakan bahwa dalam mengolah makanan berbahan dasar ikan tersebut menggunakan bahan bahan alami. Misalnya warna warni pada makanan menggunakan kunyit dan ubi rambat ungu.

Sebelumnya anak anak Paud se kecamatan Tualang dengan semangatnya tampil nyanyi bersama dengan lagu gemar makan ikan.

Hadir pada kesempatan itu pengurus Forikan Kabupaten Siak, Ketua Forikan kecamatan Tualang, Ketua Bhayangkari Tualang, ibu ibu organisasi wanita. Untuk hari ini berlangsung di 2 kecamatan Tualang dan Minas.

Sementara itu untuk kecamatan Minas kegiatan tersebut di laksanakan di TK Miftahul Jannah kelurahan Minas Jaya. Untuk setiap kecamatan peserta sebanyak 200 orang, yang terdiri dari Guru guru Paud, organisasi kewanitaan dan kader PKK Kecamatan, Serta ketua Posyandu.***(rinto/hms)