Pedagang Hewan Kurban Sepi Pembeli

Kambing kurban (ilustrasi)
Kambing kurban (ilustrasi)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Meski hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari, namun pedagang hewan kurban di Pekanbaru masih keluhkan pembeli yang sepi dibanding tahun 2014.

Seperti yang dituturkan Ramon, pedagang kambing di Jalan Arifin Ahmad. Kepada bertuahpos.com, dirinya mengeluhkan sepi pembeli. “Susah, gak seperti tahun lalu,” katanya, Senin (21/09/2015).

Padahal harga 10 hewan kurban yang ditawarkannya juga relatif murah. Ada Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta per ekor kambing. “Kebanyakan masih tanya-tanya, mau diskusi harga dengan pengurus masjidnya. Kalau tahun lalu pas masih Rp 1,5 juta mereka langsung kasih DP,” kata Ramon.

Ramon menyebut kabut asap juga memiliki andil dengan sepinya pembeli. “Pengaruhlah, orang malas keluar jadi sepi,” katanya.

Hal yang sama dituturkan Ismail, pedagang sapi di jalan Soekarno Hatta. Ismail mengatakan kebanyakan memang pengurus masjid masih menunggu dana dari jamaah terkumpul semua.

“Makanya kita sedang pesan kambing 15 ekor, karena ada yang uangnya gak cukup buat beli sapi,” katanya.

Namun Ismail mengatakan kabut asap bukan satu faktor yang buat sepinya pembelian. Faktor lainnya yakni harga yang lebih mahal dari tahun 2014. “Tapi kalau untuk sapi yang kita jual, lumayan banyak yang order,” katanya.***(bpc)