Praktek Pembelian BBM dengan Jerigen Terang-terangan di SPBU Siak

Petugas SPBU dengan santai mengisi BBM menggunakan drum dan jerigen
Petugas SPBU dengan santai mengisi BBM menggunakan drum dan jerigen

Siak(SegmenNews.com)- Praktek pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan jerigen terus terjadi di salah satu SPBU Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau. SPBU 14.286.136 yang baru beroperasi satu bulan ini tampaknya tak memperdulikan larangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Siak bahwa pengelola SPBU tidak dibenarkan menjual BBM ke pelanggan jerigen.

Sampai hari ini, Senin (28/9/15) petugas di SPBU tersebut terus melayani pembelian bahan bakar bensin maupun solar bersubsidi dengan jerigen bahkan ada juga menggunakan gentong atau drum plastik. Bahkan banyak yang membeli dengan jumlah besar. Diketahui, pembeli tersebut menjualnya kembali ke industri dan alat berat dengan harga tinggi.

Kepala Disperindag Siak, Wan Bukhari menegaskan sebelumnya pihaknya telah mengingatkan SPBU tersebut agar tidak melayani pembelian dengan jerigen. Namun jika masih melayani, maka pihaknyaakan melakukan kroscek lagi.

“Saya akan turun lagi. Kalau perlu kita bekukan izinnya. Karena tidak dibenarkan menjual BBM bersubsidi kepada pihak industri. Pengendara sepeda motor dan pengendara umum mendapat prioritas dalam pembelian,” kata Wan.

JIka memang terbukti, pihaknya akan melaporkan pengelola ke aparat kepolisian. Karena, penggelapan BBM adalah pidana dengan ganjaran penjara dan denda ratusan juta rupiah.***(rinto)