Masyarakat Siak Kesulitan Peroleh Gas Elpiji 3 Kg

Masyarakat Siak Kesulitan Peroleh Gas Elpiji 3 Kg
Masyarakat Siak Kesulitan Peroleh Gas Elpiji 3 Kg

Siak(segmenNews.com)- Masyarakat Kabupaten Siak masih kesulitan memperoleh gas 3 kilogram (Kg) di daerahnya. Padahal Kabupaten Siak telah mendapatkan jatah gas elpiji 3 kg sebanyak 3 juta tabung pertahun. Sementara kebutuhan masyarakat hanya 2 juta tabung

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Siak melalui Kepala Bidang Perdagangan, Hendra, disela-sela pengawasan Operasi Pasar (OP) elpiji 3 Kilogram di kantor Kelurahan Perawang, Jumat kemarin, menegaskan bahwa seharusnya kelangkaan itu tidak terjadi, sebab jatah gas elpiji 3 kg mencapai sekitar 3 juta tabung pertahun. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan masyarakat.

“Kebutuhan sekitar 2 juta pertabung dihitung berdasarkan jumlah rumah tangga miskin dan pengusaha kecil.”Jadi, kalau ada masyarakat diluar kelompok itu menggunakan gas LPG itu tidak masuk dalam hitungan sasaran subsidi pemerintah,” ujarnya.

Walaupun demikian adanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak setiap tahun memperjuangkan kepada Pertamina, agar alokasi gas melon itu ditambah. Sehingga Siak mendapatkan penambahan kuota sekitar 1 juta tabung. Jadi total keseluruhan sekitar 3 juta per tabung.

“Alhamdulillah Siak mendapatkan alokasi mencapai sekitar 3 juta tabung, kalau dibandingkan daerah lain kita termasuk besar, tapi tetap juga terjadi kelangkaan,” ungkap Hendra.

Hendra berasumsi terjadinya kelangkaan disebabkan banyak kelompok masyarakat beralih dari 12 kilogram ke 3 kilogram. Tidak hanya kalangan rumah tangga tetapi juga kemungkinan rumah makan dan restoran.***(rinto)