BPBD Rohul Bagikan 20 ribu Masker ke Masyarakat

Aceng Herdiana saat memimpin pembagian masker kepada pengendara
Aceng Herdiana saat memimpin pembagian masker kepada pengendara

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Hingga hari ini kabut asap semakin megkhawatirkan terhadap kesehatan masyarakat. Untuk mengurangi resiko dampak buruk dari bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memprakarsai dan bekerja dengan lembaga lainnya, membagikan masker sebanyak 20 ribu diberbagai tempat.

Pembagian masker dilakukan langsung oleh Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana, Kasat Lantas Rohul AKP Amru Hutauruk, Sekretaris BPBD Rohul Harri Muhammad, Kanit Regiden IPDA Kaliman Siregar, Sekretaris Pemuda Panca Marga (PPM), Eko Nasution, Stap Puskesmas Kecamatan Rambah di Kota PasirPangaraian, Kamis (22/10/15). Masker tersebut langsung dipasangkan kepengendara sepeda motor.

Aceng Herdiana menuturkan bahwa, asal asap yang menyelimuti Kabupaten Rokan Hulu berasal dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, Babel, dan beberapa Provinsi termasuk juga Riau. Bahkan terakhir bencana ini sudah menambah daftar nama korban untuk di Provinsi Riau yaitu satu anak sekolah meregang nyawa.

“Ini hanya keperihatian, kita bekerja dengan ikhlas, untuk membagikan ini kepada masyarakat,” ujarnya seraya berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak terhadap pengurangan resiko bencana.

Untuk anak sekolah, lanjut Aceng Hediana, ketika saat apel pagi di Kantor Bupati Rohul, Bupati Rohul Achmad sudah mengumumkan secara resmi kalau anak sekolah mulai dari PAUD sampai tingka SLTA, diliburkan sampai waktu yang tidak ditentukan karena kondisi kabut asap yang sudah sangat berbaya.

“Untuk saat ini jarak pandang (Visiblity), hanya berjarak 100 meter, itu sangat tebal dan dinilai sudah sangat berbahaya, sebenarnya di Rohul frekuwensi hujan lebih tinggi, jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono melalui Kasat Lantas AKP Amru Hutauruk, menjelaskan kalau pembagian masker ini hanya untuk mengurangi saja.

Pembagian masker tak hanya dilakukan di Kota PasirPangaraian, dijadwalkan, besok, Jum’at (23/10/15) tim juga akan membagikan masker di Kecamatan Tambusai Utara. ***(ran)