Wakil Ketua PBNU: Pemerintah Mesti Alokasikan juga Dana untuk Pesantren

Drs H Slamet Effendy Yusuf, MSi.
Drs H Slamet Effendy Yusuf, MSi.

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pemerintah terus melakukan peningkatan dibidang pendidikan, bahkan APBN telah mengucurkan dana untuk pendidikan. Namun hal itu belum cukup. Pemerintah seharusnya menganggarkan juga dari dana pendidikan tersebut untuk sekolah pesantren.

“Kita berharap, sekiranya 20 persen dana APBN untuk pendidikan, dialokasikan juga untuk sekolah pesantren,” harap Wakil Ketua Pengurus Besar (PB) Nahdathul Ulama (NU) Indonesia Drs H Slamet Effendy Yusuf, MSi, di acara live jawapostv, Kamis (22/10/15) pagi ini.

Lanjutnya, pesantren juga banyak memberikan kontribusi untuk Negara. Apalagi hari ini, Hari Santri Nasional dideklarasikan. “Makna dari hari santri ini. santri pesantren ikut mempertahankan Negara atau bela Negara. Kita harus bersama-sama memajukan dunia pendidikan,” katanya.

Tak hanya didunia pendidikan, saat zaman perjuangan pesantren dan masyarakat saling membahu mempertahankan Negara.

“Pesantren harus tunjukan eksistensinya dan berkiprah ditengah-tengah masyarakat. Kalau masyarakat masih miskin NU harus berjihat membantu. Begitu juga dunia pendidikan, budaya dan lainnya,” imbuhnya.***(Arifin)