Rohul Bertekad Rebut Kembali Juara Umum MTQ Riau

Lpq
Lptq

Rokan Hulu(SegmenNews.com)-  Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Kab Rohul bertekad untuk merebut dan meraih kembali sebagai Juara Umum pada helat akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Prov Riau yang akan dilaksanakan pertengahan Nopember 2015 di Kab Siak.

Tekad yang bulat tersebut disampaikan oleh Ketua LPTQ Kab Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah Kab Rohul, Kota Pasir Pengaraian, Rabu (4/11/2015).

Dikatakannya, LPTQ Rohul berkeinginan mencatat sejarah baru dalam pelaksanaan MTQ di Provinsi Riau, yakni menjadi juara umum tiga kali berturut-turut, dimana hal ini belum pernah diraih oleh LPTQ manapun di Prov Riau. Kami berkeinginan untuk memecahkan rekor, sebagai LPTQ pertama yang meraih juara umum tiga kali berturut-turut, tegasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa LPTQ Kab/Kota se Riau belum pernah ada yang meraih juara umum tiga kali berturut-turut ataupun meraih piala tetap. Yang sudah ada adalah juara umum dua kali berturut-turut, yakni LPTQ Kab Kampar dan Rokan Hulu. Kami berharap dapat meraihnya untuk pertama kali, papar Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi Hasibuan, yang juga Kakan Kemenag Rohul ini, mengatakan bahwa untuk mencapai maksud tersebut, pihaknya sedang melaksanakan Training Centre (TC) selama dua pekan, yang dimulai sejak kemaren, Selasa (3/11/2015) s/d 13/11/2015, bertempat di Masjid Agung Madani Islamic centre, Kota Pasir Pengaraian.

Lebih lanjut dikatakannya, LPTQ Rohul akan turun di Siak dengan Full Team, sebanyak 44 orang peserta, cadangan 6 orang, pelatih 10 orang, dan official 10 orang, dengan mengikuti 7 Cabang dan 40 Sub Cabang yang dipertandingkan.

Mereka-mereka ini akan menjadi duta-duta terhormat masyarakat Rohul di Kab Siak dan diharapkan dapat mengibarkan panji-panji kebesaran masyarakat Rohul yang dikenal sebagai Negeri Seribu Suluk di Negeri Istana tersebut, sekaligus mengukir sejarah baru per MTQ an di Riau.

Ahmad Supardi menjelaskan, yang dipertandingkan adalah Cabang Tilawah, dengan sub cabang Tartil Quran Putra Putri, Tilawah Anak-Anak Putra Putri, Tilawah Remaja Putra Putri, Tilawah Dewasa Putra Putri, Qiraah Sab’ah Putra Putri, dan Cacat Netra Putra Putri.

Cabang Tahfizh Qur’an 1 Juz dan Tilawah Putra Putri, 5 Juz dan Tilawah Putra Putri, 10 Juz Putra Putri, 20 Juz Putra Putri, dan 30 Juz Putra Putri. Selanjutnya, Bidang Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia Putra Putri, Bahasa Arab Putra Putri, Bahasa Inggris Putra Putri.

Cabang Khattil Qur’an Dekorasi Putra Putri, Naskah Putra Putri, Hiasan Mushaf Putra Putri, dan kontemporer Putra Putri. Selanjutnya Fahmil Qur’an, Syarhil Quran, dan M2IQ Putra Putri.***(rls/ran)