Ketua TP-PKK Kampar: Bangun Sinergitas dan Kebersamaan Tiga Komponen

Ketua TP-PKK Kampar: Bangun Sinergitas dan Kebersamaan Tiga Komponen
Ketua TP-PKK Kampar: Bangun Sinergitas dan Kebersamaan Tiga Komponen

Tapunghilir(SegmenNews.com)- Awal Heniwati menjelaskan Desa Tapung Makmur merupakan desa yang jadi wakil Kampar dalam ikut lomba PKK Kb Kes tahun ini, untuk itu bersama –sama PLKB dan bidan desa dibantu seluruh masyarakat desa dengan bimbingan PKK Kecamatan dan Kabupaten termasuk dari BKBPP dan Dinas Kesehatan, telah berusaha untuk menjadi yang terbaik dan mudah-mudahan dapat terwujud.

Awal Heniwati menambahkan, tujuan lomba bukan hanya untuk ikut lomba dan memenangkannya tetapi yang lebih penting yaitu tujuan akhirnya membangun sinergitas dan kebersamaan yang baik antara tiga komponen diantaranya PKK, BKKBN dan Dinas Kesehatan, serta bertujuan agar dapat saling bahu membahu dan terus menerus mendukung program Pemerintah khususnya masalah KB dan Kesehatan.

Begitu dikatakan Ketua TP PKK Kampar Hj.Eva Yuliana yang diwakili Koordinator kelompok kerja (Pokja) IV Awal Heniwati, pada sambutannya saat berlangsung acara penilaian Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes) Provinsi Riau tahun 2015 oleh Tim penilai Kesatuan gerak PKK dari Provinsi Riau di dihalaman kantor Desa Tapung Makmur Kecamatan Tapunghilir Kabupaten Kampar, Senin (7/12/15).

Ikut hadir Ketua Pokja IV Dr.valiyani beserta rombongan PKK Kabupaten, Camat Tapung Hilir beserta Upika Kecamatan, kepala desa Tapung Makmur dan masyarakat Desa Tapung Makmur.

Disamping itu harapannya agar seluruh kader PKK Desa dan Kecamatan dapat menjadi motor penggerak bagi masyarakat dalam menyukseskan program KB Kes.

Sementara ketua tim penilai lomba KB Kes tingkat Provinsi dari Provinsi Riau yang diwakili Rondang,MM mengatakan kegiatan penilaian ini bukan hanya menilai lomba tetapi juga untuk menciptakan bagaimana menuju hidup sejahtera.

Selain itu untuk memberi pembinaan kepada ibu-ibu Kecamatan dan Desa tentang bagaimana penerapan dan menciptakan hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat serta untuk menciptakan dasa wisma di tiap desa dan Kecamatan.

Semua upaya tidak lepas dari menjalankan 10 program pokok PKK,ujarnya. Karena itu memberi pembinaan dan pengarahan agar sejalan dengan program kesehatan dan Pemerintah daerah merupakan tujuan PKK Provinsi begitu juga kepada PKK Kebupaten dengan Pemda Kabupaten,kata Rondan lebih merinci.

Sementara Kepala Badan Keluarga Berencana Perencanaan Pembangunan (BKBPP)Kampar Cokroaminoto mengatakan, Pemda Kampar sedang giat melaksanakan pembangunan dengan program lima pilar pembangunannya yang di sinergikan dengan 10 program pokok PKK dalam membangun dan meningkatkan program ekonomi kemasyarakatan termasuk masalah kesehatan.

Sebagai tolok ukur keberhasilan program itu, salah satunya melalui lomba seperti ini sehingga di dapat penilaian dan keberhasilan program pembangunan kesehatan dan ekonomi kemasyarakatan.

Menyangkut kalau terdapat kekurangan dirinya siap melakukan pembenahan dan perbaikan serta pembinaan,ujarnya menambahkan, berkenaan masalah Kesehatan dan pembangunan Keluarga berencana.***(hms/ali)