Penderita HIV/AIDS di Riau Capai 3.414 Orang

Mengkhawatirkan, Penderita HIV/AIDS di Riau Capai 3.414 Orang
Mengkhawatirkan, Penderita HIV/AIDS di Riau Capai 3.414 Orang

Bengkalis(SegmenNews.com)– Semakin hari kasus penyebaran virus HIV dan AIDS di Provinsi Riau semakin mengkhawatirkan. Di tahun 2015 ini saja tercatat 3.414 jiwa yang terinveksi penyakit tersebut.

“Dari data Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Riau, kasus HIV dan AIDS di Riau capai 3.414 orang. Jumlah ini sangat mengkhawatirkan,” ungkap Wakil Ketua BKMT Kabupaten Bengkalis, Hj Farida Hamid, saat membuka pesantren kilat penanggulangan bahaya narkoba dan pencegahan HIV/Aids, Selasa (15/12/2015) di Bengkalis.

Lanjutnya, sementara Kabupaten Bengkalis berada pada peringkat ke lima penyebaran virus HIH dan AIDS  dengan jumlah 81 kasus. Sebagian orang yang terinfeksi penyakit tersebut karena penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) sebagai organisasi keagamaan memiliki peran sosial untuk mencegah peredaran narkoba dan penular penyakit HIV/AIDS.

“Kami berharap para kaum ibu yang tergabung dalam BKMT Kabupaten Bengkalis tetap komitmen bertindak sebagai motivator dan mempengaruhi masyarakat untuk melakukan perubahan menuju perbaikan, terutama dalam upaya memerangi narkoba dan mencegah penyebaran HIV/Aids,” ujarnya.***( man)