Pemko Pekanbaru Terima Piagam Bidang Koperasi IUKM

Pemko Pekanbaru Terima Piagam Bidang Koperasi IUKM
Pemko Pekanbaru Terima Piagam Bidang Koperasi IUKM

Jakarta(SegmenNews.com)- Pemerintah kota Pekanbaru menerima piagam penghargaan bidang koperasi dan ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di Mercure Convention Center, Ancol – Jakarta, Senin (21/12/15).

Piagam penghargaan ini  diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan menengah) Puspayoga kepada Walikota Pekanbaru H. Firdaus, ST.MT  di acara rapat koordinasi Nasional bidang Koperasi dan UMKM.

Piagam penghargaan ini diraih atas partisipasi dalam mendorong percepatan penerbitan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada pelaku usaha Mikro dan kecil di Kota Pekanbaru.

Acara Rakor Koperasi dan UMKM ini dihadiri oleh Gubernur, Walikota/Bupati seluruh Indonesia.

Puspayoga menyampaikan bahwa untuk memajukan Kesejahteraan Rakyat Indonesia ini kita harus memberikan peran yang maksimal kepada Koperasi dan UKM tersebut.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengutip pertanyaan Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa Negara Denmark, 69% Koperasinya berkontribusi untuk Negaranya sementara Indonesia tidak sampai 2% dan Amerika yang Dianggap Negara Kapitalis ternyata tidak apabila diliat dari 300 Koperasi terbaik didunia 100 Koperasi tersebut dari Negara Amerika dan diantara 300 Koperasi terbaik didunia itu cuma 2 Koperasi dari Negara Indonesia sementara Indonesia adalah Negara yang memiliki jumlah Koperasi terbanyak didunia.

Walikota juga menginstruksikan kepada Dinas Koperasi Pekanbaru dalam wawancara usai Acara pembukaan rakornas koperasi dan UKM agar mengevaluasi dari 960 lebih koperasi Pekanbaru yang aktif cuma 40 persen saja.

Maka dari itu diinstruksikan agar mengaktifkan kembali koperasi, jika memang dalam evaluasi tetap tidak berjalan maka dibubarkan saja dan diganti dengan koperasi yang baru yang benar-benar aktif. Sebab pada tahun 2016 mendatang dana untuk Koperasi dan UMKM semakin meningkat dengan suku bunga semakin kecil.***(rls/ran)