Waspada! Wilayah Riau Berpotensi Hujan Disertai Petir

Waspada! Wilayah Riau Berpotensi Hujan Disertai Petir
Waspada! Wilayah Riau Berpotensi Hujan Disertai Petir

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau, hingga Jumat (29/01/16) berpotensi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

“Dari hasil pantauan satelit secara umum cuaca di wilayah Riau cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata yang dapat disertai petir dan angin kencang,” kata Kepala BMKG Riau, Sugarin melalui Kasi informasi, Slamet Riyadi, lansir bertuahpos, Kamis sore (28/01/16).

Menurut Slamet hujan akan mengguyur hampir di seluruh wilayah Provinsi Riau, yang dapat terjadi pada pagi, siang atau sore dan malam hari.

Sedangkan untuk suhu udara di Pekanbaru panas menyengat, tetapi belum masuk kategori ekstrim. Temperatur suhu masih berkisar 22 derajat celcius hingga 33 derajat celcius. “Memang saat ini masih masa peralihan musim, jadi hujan bisa saja sesekali mengguyur sebagian daerah. Akibat dari faktor lokal. Kalau suhu belum ekstrim masih normal,” tuturnya.

Selain itu secara umum Provinsi Riau bakal memasuki musim kemarau. Yang diperkirakan bakal melanda awal Februari hingga Maret mendatang. “Terutama untuk wilayah Riau bagian pesisir sudah lebih dahulu memasuki kemarau, sedangkan wiayah lainnya masih berpotensi hujan,” katanya.

Sedangkan untuk Angin secara umum dari arah Barat Laut hingga Utara  dengan  kecepatan  05 – 15  knots (09 – 27 km/jam).

Lalu untuk hotspot atau titik api, sampai saat ini masih belum dijumpai. “Untuk hotspot di Sumatera mau pun Riau nihil. Tidak ada titik api,” katanya.

Lalu untuk jarak pandang atau visibility Pekanbaru masih 10 kilometer, Rengat 4 km,  Dumai   10 km, dan Pelalawan 10 km.

Selain itu prakiraan tinggi gelombang laut berlaku mulai tgl 28 Januari  2016 pkl. 19.00 WIB sampai tgl 29 Januari 2016 pukul 07.00 WIB. Rokan Hilir (Rohil) 0,5 meter, Dumai 0,5  meter, Bengkalis 0,5 meter, Indragiri Hilir (Inhil) 0,5 meter, dan Meranti 0,5  meter.***(Btp/ran)