Pemulangan Eks Gafatar Asal Riau Butuh Dana Rp347juta

Kadinsos Syarifuddin
Kadinsos Syarifuddin

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Untuk pemulangan eks Gafatar, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Sosial (Dinsos) masih membutuhkan dana sebesar Rp 347 juta. Untuk itu, Dinsos meminta penambahan anggaran ke Komisi E DPRD Riau.

Kadinsos Syarifuddin, seusai hearing dengan Komisi E DPRD Riau, Senin (1/2/16), mengatakan Sampai sekarang ada sekitar 145 orang anggota eks Gafatar yang terdata sudah diisolasi di Jakarta. Sementara dari laporan yang diterima masih, keseluruhannya berjumlah 252 orang warga Riau yang menjadi eks Gafatar pergi ke Pulau Kalimantan.

Untuk pemulangan eks Gafatar yang terdata, baik untuk pembinaan dan bantuan ekonomi dibutuhkan anggaran sebesar Rp347 juta. Sedangkan anggaran bencana sosial dari APBN yang dimiliki Dinsos saat ini hanya Rp80 juta. Untuk itu, Dinsos meminta penambahan anggaran ke Komisi E DPRD Riau.

“Anggaran yang kita minta, untuk pemulangangan 145 anggota eks Gafatar. Karena mereka sudah kita lakukan Berita Acara Perkara (BAP). Sementara sisanya baru dapat informasi melalui jaringan telepon dari Jakarta ke Dinsos Riau,” kata Kadinsos.

Sementara itu, kondisi eks Gafatar asal Riau di Jakarta masih takut pulang, baca selanjutnya>>>.(hasran)