Perkembangan PLTBg di Rokan Hulu Luar Biasa

Perkembangan PLTBg di Rokan Hulu Luar Biasa
Perkembangan PLTBg di Rokan Hulu Luar Biasa

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Setelah diresmikan pada 16 September 2014 lalu. Di tahun 2016 ini perkembangan Pembangkit listrik tenaga Bio gas (PLTBg) mengalami peningkatan yang signifikan. Masyarakat sudah bisa menikmati penerangan sehingga membuat mereka lebih sejahtera.

Perkembangan yang begitu pesat dari PLTBG Rantau Sakti tersebut diakui oleh Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad, M.Si saat melakukan kunjungannya di PLTBG Rantau sakti, Tambusai Utara, Selasa (2/2/16).

Achmad mengungkapkan, perkembangan dari PLTBG sangatlah luar biasa, yamg sudah beroperasi lebih kurang 1 tahun lebih. Sudah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dengan memberikan penerangan yang luar bisa.

Bukan hanya itu saja, semula PLTBG yang memiliki kapasitas 1 Mega Watt (MW) , ternyata berpotensi menghasilkan 2 MW. Tentunya hal ini suatu peningkatan yang sangat signifikan. Bila dilihat dari umurnya baru 1 tahun lebih, beroprasinya.

“Kita bangga melihat perkembangan yang begitu signifikan dari PLTBG Rantau Sakti. Setelah menjadi Pilot Project, tenyata mampu melebihi beban yang ditetapkan,” katanya.

Ia menambahakan, dengan perkembangan yang begitu cepat, tentunya dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat yang belum tersentuh oleh PLN, akan menikmati, indahnya aliran listrik dari PLTBG.

Dirinya berharap kepada PLTBG, untuk terus meningkatkan kinerja nya. Walaupun saat ini sudah baik, namun alangkah lebih baik lagi bila terus ditingkatkan.

Masih ditempat yang sama, Plan maneger PLTBG Rantau sakti, Jaya mengungkapkan, perkembangan dari PLTBG tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari masyarakat dan aparat desa setempat. Tanpa adanya dukungan dari masyrakat dan aparat desa setempat, PLTBG tidak akan bisa berkembanga.

Ia menambahakan, ada dua desa di tambusai utara yang belum tersentuh listrik, yakni Pagar mayang dan Payung Sekaki. Melihat dua desa yang belum teraliri listrik tersebut, pihak mencoba melakukan penelitian dan berusaha bekerjasama dengan pihak swasta, untuk menambah daya, menjadi 2 MW.

“Alhamdulilah, kerjasama kita dengan pihak swasta sudah ada titik terang. Semoga saja mereka mau memantu untuk menambah mesin. Sehingga kapasitas bisa menjadi 2 MW,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, saat ini pelanggan PLTBG telah mencapai sekitar 2193 pelanggan, natinya dengan adanya tambahan mesin tersebut, diharapkan bisa menerangi dua desa, yakni, pagar mayang dan payung sekaki.***(Adv/hums/Fitri)