Warga Buru Pusteling di Pelataran Masjid Agung Anur Pekanbaru

Warga antusias membaca buku di pelataran masjid agung annur Pekanbaru
Warga antusias membaca buku di pelataran masjid agung annur Pekanbaru

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Untuk mengisi liburan setiap hari Minggu, warga Pekanbaru, Riau disuguhkan berbagai buku bacaan pendidikan, sejarah dan lainnya melalui fasilitas mobil perpustakaan keliling milik Badan Perpustakaan dan Arsip kota Pekanbaru di pelataran Masjid Agung Annur Pekanbaru.

Seperti yang terlihat hari ini, Minggu (29/5/16), warga Pekanbaru mulai anak-anak hingga dewasa antusias membaca buku di fasilitas perpustakaan keliling itu. Pustaka dibuka pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 wib dan sore hari jam 15.00 WIB higgan jelang azan Maghrib.

Petugas perpustakaan, Imelda saat berbincang-bincang dengan kru segmennews.com ditengah kesibukannya mengatakan, tak hanya setiap hari Minggu fasilitas pustaka di buka di Masjid Agung Annur, namun pustaka juga di buka di sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru dan dilokasi car friday.

“Buku-buku yang tersedia berbagai macam, yang bisa dibaca oleh semua kalangan, mulai anak-anak, remaja dan dewasa, dengan materi buku pendidikan, sejarah dan lainnya,” ujarnya.

Program perpustakaan keliling ini merupakan program Pemerintah Kota Pekanbaru, dimulai sejak kepemimpinan kepala Badan Perpustakaan Dan Arsip kota Pekanbaru, Ir.Hj.Nelfiyanna,M.si.

Program ini bertujuan untuk memotivasi minat baca para pelajar dan masyarakat Kota Pekanbaru. Dengan motivasi membaca buku diruangan terbuka atau secara outdoor diharapkan dapat lebih menciptakan suasana santai, nyaman, sehingga tidak membuat masyarakat jenuh.

“Warga yang ingin membaca buku bisa dibawa pepohonan yang sejuk yang sudah disediakan. Tapi kalau mereka ingin membawanya pulang, warga harus mendaftar sebagai anggota perpustakaan kota Pekanbaru di di jalan Dr. SUtomo,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Devi warga Jalan Nangka ditemui Segmennews.com mengapresiasi program perpustakaan keliling ini, sebab dengan adanya pustaka ini, maka para pelajar atau warga Pekanbaru akan terpacu minatnya untuk giat membaca, semakin banyak buku yang dibaca, akan semakin banyak pula ilmu yang didapat.

“dengan adanya pustaka keliling ini, minat baca masyarakat akan terpacu. kami juga dapat membaca buku dnengan santai,” ujarnya.***(Heri Suryadi)