Memaafkan Orang Lain Kunci Keberhasilan Islam

Memaafkan Orang Lain Kunci Keberhasilan Islam
Memaafkan Orang Lain Kunci Keberhasilan Islam

Salah satu kunci keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan agama Islam, adalah terletak pada keteladanannya dalam memberikan maaf kepada orang lain. sejarah mencatat bahwa, sekalipun orang lain meludahinya, namun beliau tetap memaafkannya.

Pada kesematan lain, di saat terjadinya perang dahsyat melawan orang kuffar Quraisy, Nabi Muhammad SAW juga memberikan maaf kepada orang yang sangat memusuhinya, orang yang hendak membunuhnya dengan pedang terhunus di tangannya, namun ketika musuhnya itu meminta maaf, maka Nabipun dengan ikhlas memberikan maaf kepadanya.

Dan banyak lagi tentunya riwayat dan sejarah mengagumkan dari Nabi mulia ini, yang pada intinya menggambarkan bahwa salah satu kunci keberhasilannya dalam mendakwahkan dan mengembangkan agama Islam di jazirah Arab dan bahkan ke seluruh penjuru dunia, adalah karena kemaafannya yang tulus.

Jika umat Islam ingin maju dan bangkit kembali dari keterpurukannya, maka ajaran maaf memaafkan yang ditreladankan oleh Nabi Muhammad SAW ini, harus diteladani oleh seluruh umat Islam, bukan hanya dengan memberikan maaf kepada sesame umat Islam, tetapi juga kepada yang lainnya.***

Oleh Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb, MA