Plt Bupati Sukiman Ingatkan SKPD Matangkan Perencanaan Program

Plt Bupati Sukiman Ingatkan SKPD Matangkan Perencanaan Program
Plt Bupati Sukiman Ingatkan SKPD Matangkan Perencanaan Program

Rohul(SegmenNews. com) – Plt Bupati Rokan Hulu, Riau, H Sukiman mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di bawah pimpinannya agar memenangkan perencanaan sebelum program dilaksanakan.

Jika suatu program direncanakan secara matang, kata Sukiman, Selasa (19/7/16), maka tentunya kegiatan dan program akan berjalan dengan maksimal sesuai harapan.

“Tapi program kegiatan harus yang benar benar bermanfaat bagi masyarakat banyak,” diingatkan Sukiman.

SKPD juga harus bekerja professional dalam menyusun rencanan program kegiatan yang mengacu pada misi dan visi Pemkab Rohul.

“Kami telah sepakat dengan Sukiman untuk membangun desa dan menata kota. Bagaimana untuk lima tahun kedepan infrastruktur benar benar menyentuh kemasyarakat pedesaan, ” imbuhnya.

Lanjutnya, program pembangunan yang direncanakan SKPD, haruslah bersinergi dengan program pemerintah provinsi dan Pusat.

Kurangi kegiatan berbaur seremonial, tapi bagaimana SKPD dalam merencanakan pembangunan fokus bidang infrastruktur Jalan, Jembatan, Listrik dan Pariwisata tahun 2017 mendatang.

“Rencanakan program kegiatan itu secara konfrehensif. Sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengalami hambatan dan kesulitan. Itu yang kita harapkan,” ujarnya

Mantan Dandim Indragiri Hilir itu mengatakan seorang perencana, harus melaksanakan evaluasi, analisasi sehingga betul-betul  menjadi perencana profesional.

Sehingga program pembangunan yang perencanaannya secara matang, dapat terlaksana sesuai dengan jadwal dan waktu, tidak menjadi silva. Tapi pembangunan yang direncanakan pemerintah daerah itu benar-benar terealisasi dan dirasakan mamfaatnya  masyarakat Rohul.

“Mantapnya sebuah pembangunan itu, bila perencanaan dilakukan dengan matang. Jika perencanaannya amburadul dan tidak signifikan, otomatis hasilnya tidak maksimal,” jelasnya.

Keterbatasan anggaran daerah dalam melaksanakan pemenuhan pembangunan bidang infrastruktur, tambahnya, pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan, lebih mengedepankan kepentingan-kepentingan yang berhubungan dan berdampak besar kepada masyarakat. Sehingga pembangunan yang direncanakan itu memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Rohul.***(adv/hms)