Bupati Siak Pertanyakan dana Pusat Rp 30 Miliar

Bupati Siak Pertanyakan dana Pusat Rp 30 Miliar
Bupati Siak Pertanyakan dana Pusat Rp 30 Miliar

Siak(SegmenNews. com) – Bupati Siak, H Syamsuar pertanyakan penggunaan anggaran Rp 30 Miliar dari pusat untuk Riau ke Dinas Ketenagakerjaan Siak. Hal itu untuk mengevaluasi peningkatan SDM masyarakat.

“Sayo tanyo ni sama Disnaker, mana dari Disnaker? ada buat pelatihan apa untuk anak siak? Ada gak anak Siak yang ikut pelatihan?, tanya Bupati Syamsuar saat rapat forum tentang program peningkatan ekonomi rakyat, di ruang Zamrud Room, Kamis (28/7/2016) kemarin.

Namun Disnaker Siak, Nurmansah yang diwakili Kabid Sosial Wan Idris yang saat itu hadir mengaku tidak mengetahui data penggunaan anggaran tersebut. 

“Untuk itu saya tidak tau pak, kebetulan kabid pelatihan dan tenaga kerja tidak hadir,” sampainya.

Bupati Syamsuar menegaskan, dana pusat sebesar Rp 30 Miliar harus bisa dimanfaatkan untuk membina dan melatih anak anak Siak.

Selanjutnya dalam rapat pembahasan program peningkatan ekonomi rakyat tersebut, Bupati mengatakan setiap kecamatan nantinya bisa menonjolkan icon usaha masyarakat yang bisa dijadikan sebuah cerita bagi para pengunjung.

Imam Fahrozi selaku pemateri sekaligus sebagai konsultan Indonesia bisa bikin Brand menjelaskan salah satu program untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat meningkatkan Produksi Kreatifitas Masyarakat adalah seperti contoh di Jepang 1 desa khusus untuk membuat suatu kerajinan, di korea Selatan 1 Desa khusus membuat Brand yang akan memperkuat hasil karyanya.

Jadi sekarang bagaimana caranya agar di setiap Kampung di Kabupaten Siak bisa memproduksi sesuatu krajinan yang bisa di jadikan suatu ciri khas Siak sehingga ketika orang melihat kerajinan tersebut mereka sudah tau itu kerajinan dari Siak, itulah yang dinamakan Brand.

Untuk saat ini Kabupaten Siak telah mempunyai ciri khasnya tersendiri seperti Buah Nenas dari Sungai Apit, Salak di Dayun ini merupakan salah satu contoh produk Siak yang sudah terkenal.

Turut hadir dalam rapat tersebut Bupati Siak Syamsuar selaku pemimpin rapat, Wakil Bupati Siak Alfedri, AsistenPerekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, Kepala Dinas/Badan/kantor, Para Camat Se-Kabupaten Siak, Imam Zahroni salah satu anggota Indonesia Bisa bikin Brand dari Pekanbaru.***(rinto)