Bupati Wardan Bersyukur Laporan Pertanggung jawaban APBD TA 2015 Tuntas

Bupati Wardan dan anggota DPRD menandatangani persetujuan pertanggungjawaban APBD 2015
Bupati Wardan dan anggota DPRD menandatangani persetujuan pertanggungjawaban APBD 2015

Rohil(SegmenNews.com)- Walaupun Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015  ini terlambat dari jadwal yang telah ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011.

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan bersyukur berkat kerjasama Pimpinan dan Anggota Dewan bersama pihak Pemerintah Daerah, sehingga jadwal pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015 telah disetujui.

“Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anggota Dewan yang terhormat, yang telah melakukan pembahasan secara marathon dalam rangka pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015,” sampai Bupati, Kamis (15/9/16) digedung DPRD Inhil.

Kedepan kata Bupati, diperlukan langkah-langkah perbaikan yang meliputi peningkatan SDM Aparatur dalam penyusunan Laporan Keuangan dan Asset, Optimalisasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah, serta peningkatan Koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD pada Tahun-tahun mendatang dapat lebih optimal serta mengacu pada Peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Lanjutnya, setelah disetujui tahapan selanjutnya, akan ditetapkan dalam bentuk Persetujuan  bersama antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dengan Bupati Indragiri Hilir dan selanjutnya akan disampaikan  ke Pemerintah Provinsi Riau untuk dilakukan  Evaluasi.

Dari hasil evaluasi akan ditindaklanjuti menjadi Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015.

Dari pembahasan yang telah dilaksanakan,  tentunya masih ditemukan berbagai permasalahan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Hal ini akan menjadi perhatian bagi Pemerintah Daerah guna perbaikan dimasa yang akan datang dan tentunya diperlukan langkah-langkah kongkrit untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada secara bersama-sama antara legislatif dan eksekutif serta pihak-pihak terkait lainnya. 

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan sekali lagi ucapan terima kasih, semoga kerjasama yang baik ini akan terus dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan,” tutup Bupati.***(Advertorial)