Plt Bupati Sukiman Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung

Plt Bupati Sukiman Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung
Plt Bupati Sukiman Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung

Rohul(SegmenNews.com)– Plt Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mohon maaf kepada warga yang tertimpa musibah angin puting di Kecamatan Ujungbatu. Karena, bantuan dari pemerintah yang seyogyanya dibagikan tidak lama setelah kejadian, baru dapat tersalurkan, Rabu (21/9) sore kemarin.

H Sukiman beralasan keterlambatan bantuan tersebut, dikarenakan padatnya jadwal kegiatan yang harus dihadirinya. Ia mengaku sangat prihatin atas musibah yang menimpa warga di dua desa dan satu kelurahan di Kecamatan Ujungbatu yang terjadi Jumat pekan lalu.

Pembagian bantuan tersebut dipusatkan di aula Kantor Desa Ujungbatu Timur. Tampak hadir selain Plt Bupati H Sukiman, Dandim 0313/KPR, Letkol Inf Yudi Prasetio, Upika Ujungbatu, Kasi kedaruratan dan
logistic BPBD Rohul, Kalpasrih SPd MSi serta ratusan masyarakat yang terdampak musibah.

H Sukiman juga menerangkan, karena kondisi keuangan daerah yang minim, bantuan yang diberikan kepada warga tidak banyak. Meskipun demikian, ia berharap kepada warga agar menerima cobaan tersebut dengan ikhlas dan mengambil hikmah dari musibah tersebut.

“Kami berharap, warga dapat menerima musibah ini dengan sabar, karena ini merupakan cobaan dari Allah SWT. Kita mendoakan agar kehidupan warga yang mendapat musibah lebih baik lagi,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Ujungbatu, El Bizri SSTp MSi menerangkan, sesuai dari catatan pihaknya, ada tiga desa yang terdampak musibah angin puting beliung tersebut. diantaranya, Kelurahan Ujungbatu terdapat 56 unit rumah yang rusak, Desa Ngaso, 6 unit rumah dan Desa Ujungbatu Timur, 169 unit rumah.

Lanjutnya, pasca kejadian angin putting beliung, Upika Ujungbatu terus melaksanakan gotong-royong memperbaiki rumah warga yang rusak. Meskipun, masih ada satu keluarga warga Desa Ujungbatu Timur yang masih mengungsi di rumah kerabatnya, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan goro.

Sementara itu, Kasi kedaruratan dan logistic BPBD Rohul, Kalpasrih SPd MSi menjelaskan, adapun jenis bantuan yang diserahkan kepada warga berupa, lauk pauk siap saji, peralatan dapur serta tambahan gizi.

“Warga yang tertimpa musibah juga akan mendapatkan bantuan dana setimwulan. Yang besarannya, akan disesuaikan dengan seberapa besar kerusakan rumah warga,”terangnya.***(Adv/Hms)