Banjir Bandang Terjang Vietnam. 27 Ribu Rumah Tenggelam

Quanh

Banjir di Vietnam.okz
Banjir di Vietnam.okz

 Binh (SegmenNews.com)– Sedikitnya 11 orang tewas dan puluhan lainnya dinyatakan hilang akibat banjir bandang yang melanda Vietnam Tengah. Air bah juga merendam sedikitnya 27 ribu rumah hingga nyaris tak terlihat atapnya.

Pemerintah Vietnam langsung memerintahkan otoritas lokal untuk mengerahkan militer serta kepolisian untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir bandang. Meski terus menerus diguyur hujan lebat, upaya evakuasi tetap berlangsung.

Tujuh dari 11 orang korban tewas berada di Provinsi Quang Binh. Pejabat setempat, Nguyen Huu Hoai, menyampaikan kondisi di wilayahnya sudah lebih membaik meski masih tergenang air bah. “Kami sudah bisa menjangkau area yang terisolasi banjir bandang,” ujarnya, seperti dimuat The Guardian, Minggu (16/10/2016).

Hujan lebat yang melanda Negeri Paman Hoo diprediksi akan berkurang intensitasnya. Namun, pihak otoritas mengingatkan warga hujan lebat dapat kembali mengguyur kawasan tersebut saat topan Sarika di Laut China Selatan (LCS) tiba di Vietnam.

Ahli prakiraan cuaca menyebut topan Sarikaadalah salah satu yang terkuat di Asia dalam beberapa tahun terakhir. Topan yang juga dikenal dengan nama Karen itu diprediksi singgah terlebih dahulu di Pulau Luzon, Filipina pada Senin 17 Oktober 2016. (okz)