Pemkab Rohil Programkan Kota Bersih dan Rapi Sepanjang Masa 

Petugas kebersihan ujung tobak kebersihan kota
Petugas kebersihan ujung tobak kebersihan kota

Rohil(SegmenNewscom)- Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) salah satu tugas dan pungsinya menjaga kebersihan di seluruh penjuruan Kota di setiap kecamatan Kabupaten Rokan Hilir. Seperti Kecamatan Bangko Bagansiapiapi salah satunya, para pasukan Orange ini berkerja siang dan malam dengan system piket terus diterapkan, sehingga setiap hari kondisi Kota Bagansiapiapi Kecamatan Bangko terlihat bersih dan indah.

Dibawah kepemimpinan Ibus Kasri ST, hal ini terus ditingkatkan dan bisa terlihat pasukan Oranye yang berkerja siang dan malam untuk membersihkan setiap sampah serta rumput yang tumbuh di tepian jalan jalur dua, baik dipusat kota maupun areal perkantoran Batu Enam.

“Petugas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP) Rohil saat ini, sekitar seribu petugas mereka itu tak henti-hentinya berkerja, baik siang maupun malam,”kata Ibus Kasri
Menurutnya, sampah-sampah ini diangkut dengan mobil sampah khusus dan dibawa tempat pembuangan akhir (TPA) di Batu Empat.

Program (DKPP) salah satunya sesuai dengan komitmen kepala daerah untuk menjaga agar kota dalam keadaan bersih. Bahwa juga sampah-sampah milik masyarakat diangkut untuk dikumpulkan di TPA. Terlebih lagi di saat iven-iven yang digelar seperti ritual bakar tongkang, pawai dan karnaval serta acara lainnya.

Ratusan petugas, baik dari kaum bapak-bapak maupun ibu-ibu yang merupakan petugas Kebersihan Pertamanan dan Pasar ini siap tempur untuk membersihkan sampah usai acara. “Target kita kalau acara malam paginya kota sudah bersih dari segala bentuk sampah.

DKPP Rohil Programkan Pasar Tradisional di Semua Kecamatan

Pasar Tradisional Bagansiapiapi Kecamatan Bangko
Pasar Tradisional Bagansiapiapi Kecamatan Bangko

Programkan Unggulan Dinas Kebersihan dan Pasar (DKPP) Rohil adalah pembangunan pasar tradisional di seluruh kecamatan. Hal ini telah terwujudkan secara bertahap hampir di semua Kecamatan. Pasar ini menjadi salah satu pusat perputaran ekonomi masyarakat.

“Kita ada pasar Harian, Mingguan terbanyak itu pasar minggu sedangkan harian hanya di Bagansiapiapi dan Bagansinembah,” Kata Kadis Kebesiahan dan Pasar Ibus Kasri ST.
Menurut Ibus Kasri, Bahkan salah satu hal yang sukses diperbuat adalah dilokasi Pasar Bagansiapiapi ke Pasar Bintang dan kini eks Pasar Tangko sudah tak lagi kumuh sperti dulunya dan saat ini sudah tertata dangan rapi.

Selain itu Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar juga telah memprogramkan pembangunan Taman Kota. Taman Kota Bagansiapiapi yang berada tempatnya di pusat Kota dan menjadi salah satu objek wisata di Rokan Hilir. Taman Kota ini selalu ramai di Sore hari maupun Malam, serta kini sudah dijadikan lokasi acara-acara Pemkab Rohil.

Pihak kita juga menyiagakan petugas, sehingga kebersihan dan keutuhan arena bermain di taman ini bisa tetap terjaga dengan baik. Bahkan setiap iven besar selalu penuh dengan lampu-lampu yang cantik dan indah,” ujar Ibus Kasri ST.

Program Penanam Pohon

Bupati Rohil H Suyatno Amp ketika Tanam Pohon
Bupati Rohil H Suyatno Amp ketika Tanam Pohon

Sementara itu kita juga memprogramkan penanaman pohon berbagai tempat di kawsan Kabupaten Kab Rokan Hilir. Program penanaman pohon ini supaya lingkungan tetap asri dan nyaman serta mengurangi banjir dan kebakaran,”ujar Ibus Kasri.

Dengan demikian, langkah ini tentunya akan memberi kesan berbeda kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Puluhan jenis pohon yang kita tanami, seperti jenis pohon ketapang kencana, jenis pohon ketapang dan lain sebagainya. Pihak DKPP sudah mempersiapkan berbagai jenis bibit pohon untuk siap ditanamkan berbagai tempat di Rokan Hilir.

Kepala Dinas Pasar, Ibus Kasri, ketika turun langsung tempat pnghijauan untuk meninjau lokasi yang akan direncanakan tersebut bersama Bupati. Bupati Suyatno menginginkan agar Jalan Perwira suatu saat nanti menjadi teduh, hijau dan asri.

“Lokasi penghijauan hanya berkisar antara Kantor Pos, Telkom dan sekitarnya serta sampai sekira depan Mapolsek Bangko. Sedangkan sepanjang jalur tersebut sudah ada pohon peneduhnya.

Di lokasi tersebut yang akan direncanakan penghijuan ini memang terasa sangat panas jika siang hari. Maka dari itu, bupati mengharapkan agar Kab Rohil suasananya terasa sejuk.***(Advertorial/HUMAS)