11 Koptan di Pelalawan Dapat Bantuan Mesin Pertanian

11 Koptan di Pelalawan Dapat Bantuan Mesin Pertanian
11 Koptan di Pelalawan Dapat Bantuan Mesin Pertanian

Pelalawan(SegmenNews.com)- Bupati Pelalawan, Riau, HM Harris menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebanyak 115 unit untuk kelompok tani di 11 Kecamatan secara simbolis di Desa Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Rabu (16/11).

Selain penyerahan alat, Bupati juga meresmikan Unit Pelayanan jasa Alsintan ( Upja) Mendul Lestasri.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Nasaruddin SH MH bersama anggotanya Said Marsudi dan Baharuddin, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ir Syahfalevi, Kepala Dinas PU Kabupaten Pelalawan Ir Hasan Tua Tanjung, Kepala Dishubkomonfo Kabupaten Pelalawan Tengku Ridwan.

Kepala Diskessos Kabupaten Pelalawan MD Rizal, Kepala Disdik Kabupaten Pelalawan Drs Syafruddin Kamal, Kepala Distamben Kabupaten Pelalawan Nifto Annin, Kepala Diskes Kabupaten Pelalawan Dr Endid RP, Camat Kuala Kampar Tengku Syafril SIP MAP, Kades Sungai Upih.

Dikesempatan itu, Bupati Harris berpesan agar penggunaan Alsintan benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan dan keperluan kelompok tani untuk membantu para petani memperluad dan mengolah lahan pertanian.

” Ya, penggunanan alsintan jangan disalahgunakan oleh perorangan tertentu, melainkan milik bersama para kelompok tani. Saya mengajak seluruh petani untuk menyesuaikan tanaman yang baik dan terencana, sehingga tidak terjadi hasil produksi yang membludak yang menyebabkan harga jual dari hasil pertanian jadi rendah,” terangnya.

Kemajuan bidang pertanian, lanjut Harris, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadi salah satu fokus pembangunan daerah yang terus dimaksimalkan oleh Pemkab Pelalawan.

” Selain untuk mendukung peningkatan pembangunan sektor pertanian, bantuan itu juga salah satu upaya yang dilakukan oleh pemkab setempat, di antaranya dengan terus menggulirkan berbagai program bantuan seperti bantuan alat-alat pertanian guna mendukung produktivitas petani di Kabupaten Pelalawan. Dengan adanya bantuan ini, saya berharap produktivitas pertanian di Kabupaten Pelalawan terus meningkat, demi mewujudkan swasembada beras yang dicanangkan Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan Ir Syahfalevi mengatakan, bahwa bantuan alsintan merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahun 2016 yang diperuntukkan untuk kelompok tani yang ada di Kabupaten Pelalawan. Alat mesin pertanian yang dibantu sebanyak 115 unit melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Alsintan yang dibantu seperti Hand Tractor sebanyak 25 unit, Rice Transplanter sebanyak 10 unit, Hand Sprayet sebanyak 52 unit, Combine Hardvester kecil sebanyak 15 unit, Combine Hardvester besar sebanyak 5 unit, Power Thressher sebanyak 3 unit, Com Sheller sebanyak 4 unit dan sarana pengangkut hasil pertanian sebanyak 1 unit.

Dan kecamatan yang dapat bantuan alsintan Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pelalawan, Kecamatan Bunut, Kecamatan Langgam, Kecamatan Bandar Petalangan, Kecamatan Bandar Seikijang, Kecamatan Ukui.

“Saya berharap, bantuan ini bisa dijaga dengan baik dan produktivitas padi bisa terus ditingkatkan,” harap Bupati.***(Rul)