Wardan: IKM Harus Mampu Lakukan Perbaikan Manajemen Masjid

Inhil(SegmenNews.com)- Keberadaan organisasi Ikatan Keluarga Masjid Indonesia (IKMI) diharapkan mampu membawa perubahan dalam manajemen dan memakmurkan mesjid.

“Keberadan Ikatan Keluarga Masjid Indonesia ini harus mampu melakukan perbaikan manajemen masjid dan meningkatnya jamaah yang akan beribadah di masjid tersebut,” ungkap Bupati Inhil H Muhammad Wardan, saat melantik pengurus Ikatan Keluarga Masjid Indonesia (IKMI) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Tanah Merah di Pendopo Kecamatan Tanah Merah, akhir pekan lalu.

Disebutkan Wardan, pengurus IKMI harus aktif dan eksis selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi meningkatnya perubahan dalam mengelola manajemen masjid yang baik. Seperti melakukan pendataan masjid yang ada di Inhil, sehingga dapat diketahui apa saja kebutuhan masjid tersebut.

“Sehingga dapat diketahui, bagaimana kondisi mesjid tersebut. Mulai dari administrasi seperti apakah sudah memiliki kepengurusan dan surat wakafnya apakah sudah ada,” sebutnya.

Kemudian dilanjutkan dengan membuat program jangka panjang, dalam upaya memakmurkan masjid dan selalu terisi dengan kegiatan belajar ilmu agama Islam, bukan hanya ramai saat waktu shalat saja.

“Sehingga masjid yang sudah dibangun sangat indah juga dibarengi dengan jamaah yang selalu ramai saat waktu shalat, terutama saat shalat Subuh berjamaah,” harapnya.

Demikian juga dengan IPHI yang dapat melakukan kegiatan bagi menghidupkan suasana di masjid dengan mengisinya dengan kegiatan yang bersifat memberikan pendidikan ilmu agama bagi jamaah.

“Maka, IKMI dan IPHI merupakan satu organisasi yang memiliki kaitan yang sangat erat dan dapat bisa bersinergi dalam menghidupkan kegiatan di masjid-masjid di negeri ini,” pesannya.(Adv/Diskominfo)