Pemkab Pelalawan Akan Menerapkan Smart City

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ir M Syahrul Syarif

Pelalawan(SegmenNews.com)- Konsep smart city atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia.

Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Dengan sudah banyak kabupaten dan kota yang ada di Indonesia sudah mulai menerapkan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan akan menerapkan smart city di Kabupaten Pelalawan.
       
“Ya, kita akan menerapkan kabupaten Pelalawan menjadi kota cerdas, penerapan tersebut keinginan Bupati Pelalawan HM Harris langsung. Untuk mewujudkan impian tersebut, saat ini kita lagi menyiapkan konsep penerapan smart city tersebut,” terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ir M Syahrul Syarif, Kamis (16/2/17).
       
Ir M Syahrul juga mengatakan, bahwa dalam konsep tersebut, tahap awal penerapan kota cerdas tersebut, pihaknya akan memulai dari sistem pemerintah dulu. Setelah itu akan dilanjutkan dengan  memberikan akses jaringan internet gratis kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan dengan gratis.
       
“Jadi tahap awal penerapan kota smart city, kita akan membenahi dari sistem pemerintahan dulu dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Kalau dulunya masyarakat yang ingin mengurus sesuatu datang ke kantor langsung,  kedepannya masyarakat tidak perlu lagi datang lagi. Jadi kalau ingin mengurus sesuatu pakai sistem online saja. Kalau sudah mulai diterapkan, kita pastikan pendapatan asli daerah (PAD) dari pelayanan perizinan sistem online yang kita terapkan akan meningkat,” ujarnya.
     
Ir M Syahrul menambahkan, bahwa untuk masalah anggaran penerapan smart city tersebut pihaknya belum bisa memastikan, karena masih menghitungnya lagi. Kalau tidak ada aral melintang, penerapan kota cerdas tersebut akan dimulai pada tahun 2018 mendatang. Pihaknya berharap, impian yang kita ingin tercapai dan bisa memudahkan masyarakat nantinya.
       
“Dalam tahap tersebut, kita akan mulai menerapkan di Kecamatan Kerinci dulu. Pihaknya berharap, impian yang kita ingin tercapai dan bisa memudahkan masyarakat nantinya,” tutup mantan Sekretaris Bappeda ini.***(Chairul)