Mengintip Ruang Tahanan Koruptor di KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memeriksa ruang tahanan KPK di Gedung Merah Putih di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (19/2).(merdeka.com)

Jakarta(SegmenNews.com)- Banyak yang ingin mengetahui bagaimana kondisi ruang tahanan yang akan menjadi teman malam para tersangka korupsi di kantor baru KPK. 

Langsung aja yuk kita intip ruang tahanan di Gedung Merah Putih KPK yang baru.

Jangan harap ruangan ini memiliki fasilitas seperti AC, TV atau spring bed. Rutan KPK berada di bagian belakang gedung utama. Antara gedung di mana rutan berada dengan gedung utama dipisahkan jembatan penghubung.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memeriksa ruang tahanan KPK di Gedung Merah Putih di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (19/2).(foto merdeka.com)

“Ini gedung penunjang di mana di dalamnya ada masjid dan aula untuk kegiatan staf dan bagian bawahnya adalah rutan,” kata Kabag Pengelola Gedung Merah Putih Sri Sambodo Adi yang menemani rombongan wartawan berkeliling dilansir detik.com.

Rutan KPK memang belum sepenuhnya digunakan karena masih dalam proses. Sementara itu, tahanan KPK ditempatkan di gedung lama di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, atau dititipkan di rutan Pomdam Jaya atau di rutan Polres-polres di Jakarta.

Suasana rutan yang bercat abu-abu itu memang agak pengap karena exhaust belum dioperasikan Rutan KPK dibagi menjadi 2 ruang yaitu tahanan pria dan tahanan wanita. Untuk tahanan pria ada 9 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi, sedangkan untuk tahanan wanita ada 4 ruang tahanan dan 2 ruang isolasi.

Masing-masing ruang tahanan memiliki kapasitas berbeda-beda. Ada ruangan yang berukuran sekitar 2,5 meter x 2,5 meter dan ada pula yang berukuran 2,5 meter x 5 meter. Ruang tahanan itu bisa diisi 3 sampai 5 orang.

Jubir KPK Febri Diansyah memeriksa ruang WC yang berdekatan langsung dengan tempat tidur tahanan koruptor.

Total kapasitas rutan yaitu 32 orang dengan rincian 26 tahanan pria dan 6 tahanan wanita. Masing-masing ruang tahanan itu terdapat 1 toilet dan 1 keran.

Untuk memasuki ruang tahanan ada 3 pengamanan berlapis. Selain itu, di dalam rutan ada pula 3 toilet dan 3 keran untuk cuci atau wudhu. Tempat tidur para tahanan terbuat dari cor-coran tanpa kasur.

“Semua bentuk bangunan mengikuti standar Kemenkum HAM,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah yang menemani para wartawan.***

Red: Chairul
Source: detik.com