Inhil Berhasil Zero Pertumbuhan Tenaga Medis

Inhil(SegmenNews.com)- Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dalam lima tahun terakhir terjadi “zero pertumbuhan tenaga medis”.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau Zainal Arifin di Tembilahan.

“Untuk sebaran tenaga kesehatan, dalam 5 tahun terakhir bisa dikatakan zero pertumbuhan tenaga kesehatan di Inhil sementara setiap tahun terus terjadi penurunan angka tenaga medis seperti yang sudah pensiun, pindah bahkan meninggal,” kata Kadinkes Inhil, Zainal Arifin di Tembilahan.

Zainal mengatakan, upaya percepatan pembangunan kesehatan di Inhil terkendala dengan terbatasnya ketersediaan tenaga kesehatan yang dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting.

“Saat ini, untuk menunjang terlaksananya pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat yang memiliki 27 Puskesmas di 20 Kecamatan dan 170 Puskesmas pembantu hanya menghandalkan tenaga harian lepas, tenaga kontrak, tenaga honorer bahkan tenaga TKS, ” ujarnya sedih.

Dengan keterbatasan ini pula kata Zainal, hanya beberapa Puskesmas di Inhil memiliki dokter baik dari tenaga kesehatan umum dan dokter gigi.

Untuk tahun 2017, papar Zainal, Dinkes telah mengusulkan ke Pemda untuk merekrut 21 dokter umum dan 11 dokter gigi untuk disebar di setiap Puskesmas yang tidak memiliki dokter umum, dengan target satu Puskesmas memiliki dua dokter umum dan satu dokter gigi.

“Selain dokter umum dan dokter gigi, Inhil juga minim tenaga medis seperti bidan, tenaga farmasi dan tenaga medis lainnnya, ” tegasnya.(Adv/Diskominfo)