Sekda Inhil Ajak Semua Pihak Tekan Karhutla

Tembilahan(SegmenNews.com)- Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifuddin memimpin Apel Akbar dan Gladi Penanggulangan bencana Kebakaran Lahan dan Hutan, bertempat di lapangan Upacara Tembilahan Senin (20/3).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, turut hadir Kepala BASARNAS Provinsi Riau Pos Siaga SAR Tembilahan Letda Rio Putra, Kepala BPBD Provinsi Riau yang di Wakili Kabid Pencegahan dan Kesiap siagaan Komaruddin, Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Asisten dan beberapa pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Sekda Said Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, Saat ini, bencana bukan hanya menjadi urusan pemerintah saja. Tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha/swasta serta masyarakat.

“Bencana adalah urusan semua pihak, karena yang terkena dampak oleh bencana kita rasakan bersama. Pencegahan dini terhadap bencana dapat mengurangi, bahkan menghindarkan dampak yang terjadi akibat bencana,” terang Sekda.

Karena itu, pencegahan dini dapat dilakukan dengan seringnya melakukan simulasi dan gladi lapangan, seperti persiapan proses evakuasi dan teknik evakuasi yang harus diperhitungkan dalam mengantisipasi bencana.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau memandang perlu untuk mengadakan gladi lapangan penanggulangan bencana tahun 2017 ini di Inhil,” jelasnya.(adv/Diskominfo)