Gadis Cantik Bacakan Ikrar Damkar di Siak, Siapa Dia?

Siak(SegmenNews.com)– Sosok gadis cantik tampil dengan lantang dan tegas membacakan Ikrar “Yudha Brama Jaya” di upacara HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-98 di lapangan Tugu depan Istana Siak, Jum’at (31/3/2017) pagi.

Widia membacakan ikrar Damkar

“Kami pemadam kebakaran Indonesia, mengutamakan kepentingan masyarakat didalam melaksanakan tugas pencegahan, pemadaman dan penyelamatan, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada negara dan bangsa”. Demikian salah satu poin ikrar “Yudha Brama Jaya” yang dibacakan gadis cantik itu dihadapan Wakil Bupati Siak dan para pejabat lainnya di lingkungan Pemkab.

Gadis cantik itu ternyata memiliki nama lengkap Widia Yupita Syari (23), dia merupakan peraih juara 1 di ajang Bujang Dara Kabupaten Siak tahun 2013. Dia juga pernah menjadi finalis bujang dara Riau 2014, dan purna Paskibraka tahun 2009.

Awalnya Widia bercita-cita sebagai pramugari. Namun karena panggilan jiwa, membuatnya bergabung di tim pemadam kebakaran.

“Bekerja disini bukan cita-cita, tapi ini adalah tantangan. Kita bergabung di tim ini adalah panggilan jiwa,” tegasnya.

Meski baru bergabung di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) tahun 2016 lalu, Widia mengaku siap sebagai petugas Damkar pada umumnya.

“Secara pekerjaan kami sama dengan petugas laki-laki. Kami melakukan fungsi sebagai pencegahan, penangulangan, penyelamatan,” ujarnya.

Diakuinya, terkadang ia harus berjibaku dengan tantangan, medan yang berat serta membahayakan. Terutama bila terjadi musibah kebakaran. Tidak jarang pula untuk ikut terjun dalam kegiatan kemanusiaan jika terjadi musibah seperti banjir.

“Kita siap membantu masyarakat yang membutuhkannya,” imbuhnya.***(Rinto)