Pembukaan Pencanangan TNI KBKes Nasional di Rohul Berlangsung Meriah

Rohul(SegmenNews.com)-  Pembukaan pencanangan kegiatan Bakti Sosial (BakSos) TNI KB Kes Tingkat Nasional, di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Provinsi Riau, Komplek Bina Praja, Kamis (6/3/2017) berlangsung meriah.

Pemukulan beduk pertanda dibukanya TNI KBKes Nasional di Rokan Hulu

Dentuman beduk yang dipukul Plt Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain dan Irjen TNI yakni Letjen TNI Setyo Sularso SIP, didampingi Kepala BKKBN RI  dr Surya Chandra Surapaty MPH PhD yakni Sekertaris Utama H.Nofrijal SP.MA, Wakil Asisten Teritorial (Wa Aster) Panglima TNI Marinir Gatot Triswanto, menandakan dibukanya kegiatan Baksos TNI KBKes tingkat Nasional 2017.

Hadir juga, Staf Ahli Kementrian Kependudukan Rusnadi, perwakilan Kementrian Desa Tertinggal, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri bersama Rombongan lainnya.

Sebelumnya kegiatan dimeriahkan dengan penari masal “Tari Koba Nogori” dengan peserta 300 siswa-siswi. Penari ini dibawah binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rohul.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Marcing Bend Gita Praja Satpol PP Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk yang disungguhkan berbagai farmasi sehingga membuat acara sangat berhikmat.

Acara ini juga Dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Danrem 131 Wirabima Riau Brigjen Inf Abdul Hakim, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Kabinnda Provinsi Riau, Perwakilan Anggota DPRD Provinsi Riau H. Mas Gaul Yunus SH, Hj. Mahgdalisni, Plt Bupati Rohul H.Sukiman, Seluruh Bupati dan Wali Kota se Riau, Kepala BKKBN Provinsi se Indonesia, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Dandim 0313 KPR Letkol Kav.Yudi Prasetyo SIP, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Unsur Forkompimda, Kepala SKPD Pemkab Rohul, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, Ketua Persatuan Organisasi Wanita,pengurus Tarikat Nasyabandyah  Perwakilan KNPI, PP, Granko, Ormas, LSM ,dan seribuan masyarakat lainnya.
Kedatangan Irjen TNI yakni Letjen TNI Setyo Sularso SIP, didampingi Sekertaris Utama  BKKBN RI, H.Nofrijal SP.MAdengan mengendarai mobil bernomor plat Tiga Bintang bersama rombongan disambut hangat oleh Plt Bupati Rohul H.Sukima dengan mengalungi bunga kepada tamu terhormat tersebut.

Pada pencanangan bakti sosial yang mengambil tema “ Melalui Bakti Sosial KB Kesehatan, TNI Bersama BKKBN Bersinergi Dalam Revatilisasi Penguatan dan Percepatan Pencapaian Sasaran Prorgam KKNPK Guna Mendukung Program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden RI Ir.Joko Widodo – Yusuf Kala”, dilaksanakan sunat masal, donor darah, pemeriksaan mata (Katarak) secara gratis, serta pemasangan implan bagi wanita dan pemasangan vasektomi bagi laki-laki yang ingin ber KB secara gratis.

Dalam sambutannya Plt Bupati Rohul, H.Sukiman selain menyampaikan secara singkat sejarah berdirinya Kabupaten Rokan Hulu dari Kabupaten Kampar dan meningkatnya kependudukan, Sosial Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lainnya.

Lebih lanjut Sukiman mengucapkan  selamat datang di Kabupaten Rohul  kepada Irjen TNI beserta seluruh Rombongan Pencanangan BakSos TNI KB Kes Tingkat Nasional di bumi negeri seribu suluk.

“Kami masyarakat  berterimakasih atas menjadikan Kabupaten Rokan Hulu yang berjulukan negeri seribu suluk sebagai  tempat dilksanakannnya pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kes tingkat Nasional di Tahun 2017 ini,” kata Plt Rupati Rohul.

Diakuinya, bahwa kegiatan TNI ini, merupakan karya nyatanya kepada masyarakan dan bukti nyata TNI tetap bersama rakyat.

“Kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini,  karena mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sebelum membuka dimulai acara secara resmi Irjen TNI yakni Letjen TNI Setyo Sularso SIP menyampaikan permemohon maaf Bapak Panglima TNI tidak bisa hadir, karena ada dinas negara lain yang sangat  penting.

Lanjutnya mengungkapkan TNI akan tetap konsisten membantu revitalisasi program KB Nasional yang diimplementasikan melalui Bakti Sosial KB-Kes.

Terangnya, Program KB merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu keberhasilan program KB, sehingga diharapkan dapat mewujudkan keberhasilan pembangunan di bidang kesejahteraan.

“Hal itu dilakukan dalam upaya mewujudkan ketahanan nasional, keterpaduan dan kebersamaan yang dilandasi dengan jiwa persatuan dan kesatuan, serta semangat kebangsaan yang tinggi dari segenap komponen bangsa, merupakan modal besar dalam melaksanakan pembangunan,” jelasnya.

“Untuk di Provinsi Riau kita tetapkan 15 Desa menjadi Kampung KB di Rohul ada 5 Desa diantaranya Desa Sialang Jaya,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Sekeretaris Utama BKKN (Badan Kordinasi Keluarga Berencana) Republik Indonesia H.Nofrijal SP.MA,  mengatakan Program KB itu bukan hanya program untuk mengendalikan jumlah penduduk semata, tetapi juga sebagai pengendalian pengangguran, kelahiran dan hidup secara sehat.

Dengan itu, akan terwujud keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dengan terpenuhinya kesehatan, pendidikan, sandang dan pangan yang memadai. Pada akhirnya akan menciptakan masyarakat Indonesia yang cerdas, sehat, sejahtera serta memiliki lingkungan yang aman dan tertib terhindar dari penyakit sosial yang disebabkan kepadatan penduduk,” pungkasnya.***(ADV/Hms/Fitri)