MTQ Sungai Apit Ditutup, Kampung Tanjung Kuras Raih Juara Umum Keempat Kali

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak, Alfedri resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Sungai Apit XVI, yang  dilaksanakan di Kampung Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit, (16/5/17).

Penutupan ini ditandai dengan pemukulan kompang oleh Wakil Bupati yang didampingi unsur pimpinan kecamatan.

Pada MTQ tingkat Kecamatan Sungai Apit ke XVI, Keluar sebagai Juara Umum yakni Kampung Tanjung Kuras dan ini merupakan yang ke empat kalinya, Kampung Tanjung Kuras meraih hasil terbaik pada MTQ Kecamatan Sungai Apit.

Sementara untuk juara umum kedua mampu diraih oleh Kelurahan Sungai Apit, dan disusul Kampung Teluk Batil sebagai Juara Umum ketiga. Keunggulan Tanjung Kuras adalah keberhasilan mendominasi untuk cabang Kaligrafi Alquran pada setiap kategori.

Wakil Bupati Siak dalam sambutannya secara khusus mengapresiasi prestasi para qari & qariah di kecamatan Sungai Apit yang telah banyak berprestasi terutama untuk cabang tilawah baik ditingkat kabupaten hingga ketingkat provinsi.

Disamping itu dikatakan Alfedri yang terpenting dari pelaksanaan MTQ ini adalah bagaimana mengimplementasikan alquran dalam setiap sendi kehidupan.

Hal ini dapat diawali dengan terus menerus melakukan tadarus atau membaca alquran dan mengulanginya secara terus menerus hingga berulang-ulang. Beliau mencontohkan bahwa kegiatan tadarus bersama ini sudah dilakukan dikalangan pengurus Kwarcab Siak.

Alfedri berkisah bahwa perjuangan generasi sebelumnya untuk mempelajari ilmu alquran jauh lebih sulit dari pada generasi sekarang.

“Dulu dengan segala keterbatasan teknologi, kadang hanya ada penerangan seperti pelita dan pergi mengaji itu harus membawa obor, akan tetapi semangat bersama kawan-kawan untuk belajar alquran itu tetap tinggi. Jadi sekarang semuanya sudah serba mudah seharusnya lebih baik dan hebat lagi,” ungkap Alfedri.

Para pemenang MTQ Sungai Apit ini nantinya akan kembali menjalani TC dan seleksi kembali sebelum diutus untuk mewakili Kecamatan Sungai Apit pada MTQ kabupaten Siak tahun 2017 mendatang.***(Rinto)