Setya Novanto Hadiri Ritual Bakar Tongkang di Rohil-Riau

Rohil (SegmenNews.com)- Ketua DPR RI Setya Novanto hadiri acara iven ritual bakar tongkang atau dikenal dengan perayaan HUT dewa laut ” Ki Hu Ong Ya”, Minggu (11/6/17) di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir.

Setya Novanto Hadiri Ritual Bakar Tongkang di Rohil-Riau

Ketua DPR RI Setya Novanto dan  Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman berserta rombongan memasuki kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir disambut oleh Bupati Rohil H Suyatno Amp beserta Kapolda Riau, Dandrem,Ketua DPD Golkar Kab/Kota Se Provinsi Riau, Kepala OPD serta masyarakat yang sudah menantikan kehadiran orang nomor satu di parlemen tersebut. Setya Novanto disambut dengan upacara tepung tawar oleh tuan rumah Pemkab Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir Suyatno selaku tuan rumah dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua DPR RI Setya Novanto, ia menambahkan sekaligus menjadi perhatian pemerintah pusat sekiranya pembangunan infrastruktur jalan nasional di kota Bagansiapiapi dapat diperbaiki karena ini menjadi akses pintu masuk ke Bagansiapiapi apalagi Rohil terkenal dengan  festival bakar tongkang berskala nasional maupun internasional.

Dalam acara Budaya Bakar Tongkang dimulai dari Klenteng tertua In Hok Kiong , dilanjutkan dengan arak-arakan yang membawa dan memikul tongkang ke lokasi pembakaran tempatnya di jalan perniagaan Kecamatan Bangko Kab Rohil.

Ritual Bakar Tangkong tersebut adalah peristiwa budaya yang sudah bertahun-tahun menjadi tradisi warga Masayarakat Tionghoa di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. “Menurut dari warga Tionghoa setempat tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1883, abad ke-19. Dan sampai sekarang diyakini oleh masyarakat Tionghoa dari berbagai Negara.

Sebagai atraksi tahunan, BakarTongkang itu sudah menjadi tradisi turun temurun dan dipertahankan oleh warga Tionghou.

Selain Ketua DPR RI Setya Novanto , Prosesi Iven Nasioanl dihadiri Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Deputi Bidang Pemasaran Pariwista Nusantara Drs Esthy Reko Astuti M.Si,Kapolda Riau, Irjen Pol. Zulkarnain beserta ibu dan rombongan , Dandrem Riau, Kejati Riau, Anggota DPRD Riau, WaliKota Provinsi Riau, Bupati Pelalawan, Kepala Dinas Dispora Provinsi Riau, Kapolres Rohil, Kejari Rohil, Bupati Rokan Hilir Suyatno Amp, Ketua DPRD Rohil berserta anggota serta tamu ribuan masyarakat tionghou berbagai  Negara seperti warga Amerika Serikat, Kanada, Cina, Hong Kong, Malaysia, Singapura dan masayarakat Bagansiapiapi yang memadati di lokasi bakar tongkang.

Dalam Ritual Bakar Tongkang tahun 11/6/2017 ini, tiang tongkang terlihat keduanya jatuh mengarah kelaut, menurut  kepercaya masyarakat etnis tionghoa sebagai arah keberuntungan dalam memperoleh rezeki bahwa peruntungannya lebih banyak di laut. Artinya, sektor mata pencaharian melaut bagi nelayan lebih besar. ***(Chandra)