Beras “Siak Kota Istana” Sudah Ada di Sungai Apit

Siak(SegmenNews.com)- Masyarakat Sungai Apit khususnya kampung Teluk Masjid dan Lalang sudah bisa mencicipi beras produksi hasil dari petani Siak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Siak Syahrial secara simbolis menjual beras Siak Kota Istana kepada masyarakat Sungai Apit

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di kampung Teluk Masjid Dinas Ketahanan Pangan melakukan penjualan beras Siak Kota Istana dengan harga yang relatif murah.

Tampak ramai masyarakat yang hadir untuk membeli beras lokal tersebut. Harapan beras murah dengan memotong jalur distribusi ini dapat menstabilkan harga beras di pasaran. Apalagi beras yang kita jual ini bukan berasal dari Bulog.

Penjualan beras murah ini pihak DKP membatasi masyarakat yang akan membelinya, dimana bisa dibeli dalam jumlah maksimal hanya 20Kg/KK.

Kepala DKP Syahrial, Rabu (18/7/17) mengatakan, arah kebijakan ketahanan pangan tahun 2017 diarahkan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Sampai saat ini terdapat 4 toko/kedai di kecamatan Siak (kampung Suak Lanjut), Mempura di pasar Geronggang dan di Sungai Apit (kampung Teluk Masjid dan Lalang), akan menyusul untuk kecamatan Minas, Kandis dan Dayun.

Targetnya bisa swasembada beras dan jagung, selain itu meningkatkan produksi kedelai, gula, daging sapi/kerbau  serta meningkatkan produksi dua komoditas pangan strategis yaitu cabe merah dan bawang merah.

Dijelaskannya, DKP kabupaten Siak telah melakukan percepatan capaian sasaran, seperti, melaksanakan kegiatan bantuan bibit/benih cabe dan sayuran kepada masyarakat melalui kelompok KWT, wirid pengajian, dasawisma dan sebagainya untuk memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah sebagai penghasil kebutuhan pokok sehari-hari.

Sampai saat ini bibit yang di berikan ke masyarakat sudah sampai 95 ribu batang lebih dan telah tersebar se kabupaten Siak.***(Rinto)