Diskes Izinkan Bakso Mekar Buka, Tapi tak Jamin tak Ada DNA Babi dan Kehalalannya

Pekanbaru(SegmenNews.com)-Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengakui memberikan izin Bakso Mekar yang terindikasi mengandung DNA babi buka kembali. Tapi Dinas Kesehatan tidak menjamin bakso tersebut bebas dari DNA babi dan terjamin kehalalannya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi, kepada segmennews.com Kamis (31/8/17). Dikatakannya, sebelumnya Diskes Pekanbaru menurut usaha bakso itu karena masa laik sehatnya sudah kedaluarsa.

“Setelah mereka mengurus perpanjangan dan kita proses. Hasilnya kita menilai makanan yang ada di Bakso mekar itu higienis dan laik sehat, maka kita beri sertifikat dan bolehkan beroperasi kembali. Tapi kalau ada tidaknya DNA babi pada bakso itu, merupakan kewenangan BBPOM dan soal halal haramnya kewenangan MUI,” ujarnya.

Ketika ditanya mengapa tidak sebaiknya pencabutan sanksi penutupan itu diberikan setelah ada rekomendasi dari BBPOM bahwa bakso yang dijual tidak lagi mengandung babi, karena pemberian sanksi sebelumnya salah satunya adanya rekomendasi BBPOM, Zaini Rizaldi kembali menegaskan bahwa penutupan sebelumnya karena Warung Mekar tidak mengurus laik sehat.

“Kalau Diskes memberikan izin hanya karena higienis dan laik sehat saja. Soal ada DNA babi itu kewenangan BBPOM dan halam haram kewenangan MUI. Karena belum tentu yang haram itu tak sehat kan? Yang jelas yang kami temukan saat ini higienis dan sehat,” ujarnya.***(hasran)