JMGR: Bela RAPP, Aksi Massa Salah Sasaran

Pekanbaru(SegmenNews.com)-Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) menilai aksi unjukrasa pekerja RAPP kemarin salah sasaran. Seharusnya massa unjuk rasa ke RAPP bukan kepada pemerintah.

Aksi massa di Jalan Jenderal Sudirman Kemarin (foto:ran/segmennews.com)

Sekretaris Jendral JMGR, Isnadi Esman, kepada segmennews.com, Selasa (24/10/17) mengatakan, aksi membela RAPP kemarin merupakan logika terbalik yang merupakan hasil dari propaganda RAPP dalam upaya melakukan pembangkaan terhadap pemerintah.

“Unjuk rasa massa seharusnya dilakukan terhadap RAPP, bukan kepada pemerintah,” tegas Isnan.

Masyarakat harus tahu, bahwa surat peringatan ke dua dari Kementrian LHK yang membatalkan Rencana Kerja Umum (RKU) RAPP karena tidak adanya iktikat baik dari RAPP.

Untuk menjadikan Peraturan Pemerintah nomor 57 tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut sebagai acuan dalam membuat RKU setelah diberi kesempatan oleh Kementrian LHK.

Itu sama artinya RAPP selain mengabaikan pemerintah, juga tidak memberikan jaminan atas kesejahteraan buruh, kontraktor dan karyawanya. Maka yang pantas didemo itu RAPP.

“Kami masyarakat gambut menuntut ketegasan pemerintah untuk menindaklanjuti pembatalan RKU RAPP menjadi landasan kebijakan untuk pencabutan izin. Jelas sudah bahwa RAPP sama sekali tidak menghormati pemerintah,” cetusnya.