PWRIB Meranti Minta BC Tak Tebang Pilih Tindak Pelaku Penyelundupan

Meranti(SegmenNews.com)- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Wartawan Republik Indonesia Bersatu (PWRI-B) Kepulauan Meranti meminta jajaran Bea dan Cukai Selatpanjang tidak tebang pilih dalam menindak pelaku kejahatan penyelundupan.

PWRIB Meranti Minta BC Tak Tebang Pilih

Hal itu disampaikan Ketua PWRI-B Meranti, Fadli, saat pertemuan dengan jajaran Bea cukai Selatpanjang, Selasa (5/12/17).

“Bila komitmen Bea dan Cukai serius memberantas Penyeludupan di Meranti, dengan tidak pilih kasih DPC PWRI-B Meranti siap membantu,” tegas Fadli.

Menurut Fadli, sudah dari dulunya masyarakat meranti telah terbiasa dengan aktivitas lintas batas yang dilakukan pelaku usaha guna kepentingan masyarakat banyak. Dibalik itu Bupati Kepulauan Meranti juga berjuang agar wilayah Kepulauan Meranti diistimewakan.

“Kita harus menghargai perjuangan bupati yang telah bersusah payah sampai kepusat agar meranti ada pengecualian karna kita berbatasan langsung dengan negara tetangga,mau tidak mau, suka tidak suka pasokan sembako kita dari negara tetangga tetap harus ke Meranti demi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian Fadli berharap, pihak Bea dan Cukai Selatpanjang, memahami kondisi historis kehidupan sebagian masyarakat di wilayah ini yang sudah sejak jaman dahulu sangat bergantung dari aktivitas pelayaran maupun kepelabuhan yang notabenenya bergantung kepada aktifitas perdagangan lintas batas.

“Pada prinsipnya, kita dari pihak media,siap mendukung jika Bea dan Cukai akan sepenuhnya menindak seluruh pengusaha lintas batas di Meranti, tetapi dengan ketentuan jangan ada indikasi pilih kasih disini. Kalau mau sikat ya sikat aja semuanya,” terangnya.

PWRIB Meranti Minta BC Tak Tebang Pilih

Segala ketentuan dan perundang-undangan kepabeanan jika memang ada pelaku usaha, oknum dan lainnya ada yang melakukan pelanggaran diharapkan di tindakan tegas.

“Kita hanya minta Bea dan Cukai jangan tebang pilih atau picing mata kalau ingin mengambil tindakan ,” tegasnya.

Anehnya, disaat PWRIB meminta bea cukai menindak tegas pelaku penyelundupan tanpa pilih kasih. Kasubsi Penyuluhan, Bea Cukai Pos Selatpanjang, H Dawir, terkesan enggan

Kepala Pos Bea & Cukai Selatpanjang Hengki melalui Kasubsi Penyuluhan H Dawir, terkesan enggan melakukan tindakan tegas.

Dia mengatakan ia asli warga meranti dan tidak memiliki niat buruk untuk menghancurkan perekonomian dan kebutuhan masyarakat Meranti.

“Kalau kita akan menyikat seluruh penyeludupan di Meranti itu tidak mungkin, kita tetap mengedepankan kepentingan masyarakat banyak,” kelahnya.***(Dham)